SUARA INDONESIA

Bantu Warga Kepulauan Dapatkan Air Bersih, Tentara yang Dinas di Malang Raih Soedirman Award 2023

Agus Sulistya - 15 November 2023 | 07:11 - Dibaca 1.09k kali
News Bantu Warga Kepulauan Dapatkan Air Bersih, Tentara yang Dinas di Malang Raih Soedirman Award 2023
Komandan Denpal 2 Divif 2 Kostrad Singosari Letkol Cpl Usman Santoso bersama Sertu Fadli Canu dan jajaran. (Foto: Agus Sulistya/Suara Indonesia)

MALANG, SUARA INDONESIA – Kepedulian Sertu Fadli Canu, personel Detasemen Peralatan (Denpal) 2 Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad Singosari Singosari, Malang, Jawa Timur, terhadap warga Pulau Enam, berbuah manis.

Atas dedikasinya menyalurkan air bersih antarpulau itu, Fadli Canu mendapat penghargaan Soedirman Awards 2023, kategori Tentara Berdedikasi dari Matra TNI-AD. Ia dinilai telah berdedikasi kepada bangsa dan negara.

Fadli Canu merupakan prajurit TNI AD yang bertugas di Denpal 2 Divif 2 Kostrad Singosari. Penghargaan Soedirman Award diberikan atas dedikasinya mengalirkan air bersih antarpulau dengan pipa yang melintasi laut kedalaman 30 meter ke Pulau Enam.

Pulau Enam merupakan salah satu desa di Kecamatan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah yang dihuni sekitar 1.752 jiwa. Sebelumnya, penduduk harus menyeberang pulau sebelah untuk mendapatkan air bersih.

Komandan Denpal 2 Divif 2 Kostrad Singosari Letkol Cpl Usman Santoso menyampaikan, penyediaan air bersih ini juga merupakan salah satu program Manunggal Air TNI AD.

Menurutnya, apa yang dikerjakan anggotanya itu adalah hasil pelatihan tentang pembuatan pompa hidran, sekitar awal 2022 lalu, yang merupakan teknologi lama tapi jarang dimanfaatkan.

"Jadi pompa hidran itu yang memanfaatkan teknologi dorongan air pada saat menutup itu dikumpulkan, sehingga tanpa energi listrik atau pompa, air bisa naik sampai ketinggian tertentu," jelas Usman Santoso.

Sebelumnya, Fadli Canu melaporkan jika masyarakat di tempat penugasannya kesulitan air bersih. Jika di lokasi lain lokasinya di daerah pegunungan, tapi di tempatnya bertugas kesulitannya adalah secara geografis kepulauan. Dan tidak semua pulau memiliki sumber mata air.

"Dengan dukungan Kostrad, kami melakukan monitoring dan melakukan diskusi ke beberapa pihak untuk menyalurkan air dari salah satu pulau ke pulau lainnya. Kami menggunakan pipa gulung dengan dibantu masyarakat," ungkapnya.

Usman Santoso mengungkapkan rasa bangganya. Terlebih, atas dedikasinya Fadli Canu bisa menerima anugerah Soedirman Award. Selain itu, warga Pulau Enam kini sudah tak khawatir lagi karena air bersih sudah tersedia.

"Tentunya jika ada anggota kami yang menerima penghargaan dan itu skalanya nasional hingga Mabes TNI, itu kebanggaan tersendiri buat satuan. Karena ada yang mewakili dan mengharumkan nama kesatuan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV