SUARA INDONESIA

Basarnas Cilacap Siagakan 65 Personel Jelang Nataru

Satria Galih Saputra - 18 December 2023 | 18:12 - Dibaca 835 kali
News Basarnas Cilacap Siagakan 65 Personel Jelang Nataru
Basarnas Cilacap gelar Apel Siaga SAR Khusus. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Basarnas Kantor SAR Cilacap, Jawa Tengah, menyiagakan puluhan personel jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Hal itu untuk mengantisipasi maraknya keramaian selama perayaan berlangsung. 

Dalam kesempatan itu, Apel Siaga SAR Khusus pun digelar di halaman Kantor SAR Cilacap, diikuti oleh seluruh pegawai dan berbagai organisasi Potensi SAR pada Senin (18/12/2023).

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, Apel Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapsiagaan para personel, dan juga peralatan yang dimiliki Basarnas dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru.

"Kami menyiagakan 65 personil di Kantor SAR Cilacap, Unit Siaga SAR Banyumas, dan Posko Kebumen," ungkapnya saat ditemui usai apel. 

Adapun alat utama (Alut) SAR yang disiapkan seperti Rigid Inflatable Boat, Rescue Truck, Rescue Carrier, Rescue Car, Truck Personil, Motor Trail, Beach Patrol, Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR. 

"Kami juga menyiapkan alat utama SAR demi terwujudnya pelayanan SAR yang optimal secara professional, sinergi, aman dengan prinsip quick action dan semangat satu jiwa satu rasa," ujar Adah. 

Lebih lanjut, Adah menyampaikan, bahwa kesiapsiagaan Basarnas dalam Siaga SAR Khusus Nataru harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik koordinasi, kesiapan personil, serta peralatan dan keterampilan. 

"Hal ini untuk meningkatkan kecepatan waktu tanggap (response time) dan waktu tempuh (deployment time) apabila terjadi kecelakaan dan bencana serta kondisi membahayakan manusia," jelasnya. 

Sementara untuk pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru akan dilaksanakan selama 22 hari, dimulai dari tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 8 Januari 2024. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV