SUARA INDONESIA

Gunakan Trotoar dan Bahu Jalan, Satpol PP Banyuwangi Gencar Tertibkan PKL Bandel

Muhammad Nurul Yaqin - 18 January 2024 | 14:01 - Dibaca 587 kali
News Gunakan Trotoar dan Bahu Jalan, Satpol PP Banyuwangi Gencar Tertibkan PKL Bandel
Operasi penertiban PKL yang mengganggu ketertiban umum di sejumlah ruas jalan di Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Menjamurnya pedagang kaki lima (PKL) di sejumlah ruas jalan perkotaan Banyuwangi, Jawa Timur, mendapat perhatian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Keberadaan PKL dinilai mengganggu ketertiban umum. Mereka yang memanfaatkan trotoar dan bahu jalan sebagai tempat berjualan tersebut menjadi sasaran pembinaan Satpol PP.

Guna menertibkan pedagang bandel, Satpol PP Banyuwangi menurunkan belasan personelnya. Mereka menyasar pedagang di Jalan Letkol Istiqlah, Jalan Agung Suprapto, Jalan Piere Tendean, dan ruas jalan lainnya.

Dalam melaksanakan penertiban, personel di lapangan mengedepankan pendekatan humanis kepada para pedagang.

Satpol PP berharap agar penertiban yang dilakukan tidak diartikan sebagai pelarangan untuk berdagang. Pedagang juga harus mengerti ada aturan yang harus dipatuhi dalam mencari rezeki.

“Penertiban yang dilakukan masih dalam bentuk sosialisasi dan imbauan secara persuasif. Jika tetap melanggar akan dilakukan penindakan secara tegas,” ujar Bambang, Koordinator Lapangan Satpol PP Banyuwangi, Kamis (18/01/2024).

Bambang menerangkan, dalam Perda Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, dijelaskan bahwa PKL dilarang berjualan di bahu jalan maupun trotoar.

"Trotoar itu kan fungsinya buat pejalan kaki dan bukan untuk berdagang. Sementara bahu jalan tempat pemberhentian sementara bagi pengendara kendaraan bermotor," ungkapnya.

Bambang mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan agar para pedagang tidak menggelar dagangan di atas trotoar maupun bahu jalan. Terlebih penertiban ini karena aduan warga terutama pejalan kaki yang merasa terganggu.

"Operasi akan terus kita lakukan untuk kenyamanan pengguna jalan. Termasuk menjaga Banyuwangi tetap rapi, indah dan nyaman, berdasarkan arahan pimpinan," cetusnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV