SUARA INDONESIA

Kepala Dinas ESDM Jatim Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Probolinggo

Lutfi Hidayat - 31 January 2024 | 11:01 - Dibaca 623 kali
News Kepala Dinas ESDM Jatim Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Probolinggo
Penjabat dan mantan Wali Kota Probolinggo Nurkholis dan Habib Hadi Zainal Abidin, usai dilantik oleh Gubernur Jatim. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Nurkholis sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo. 

Pelantikan itu dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa malam (30/1/2024).

Khofifah mengatakan, masing-masing daerah memiliki spesifikasi kultur maupun program untuk bisa mencapai kesuksesan.

“UMKM di Kota Probolinggo mengalami kesuksesan yang luar biasa dan dikenal lebih luas, karena pemasarannya yang sangat bagus serta kreativitas yang sudah dibangun oleh Wali Kota Probolinggo periode 2019-2024 Habib Hadi Zainal Abidin, sangat luar biasa. Oleh karena itu seluruh potensi dan efektivitas ini bisa diteruskan oleh Penjabat Wali Kota Probolinggo,” ungkapnya.

Beberapa hal perlu menjadi fokus sesuai dengan Reformasi Birokrasi (RB) Berdampak yang diusung Kementerian PANRB, sebagai bentuk penjabaran dari arahan Presiden RI. 

Yakni menurunkan kemiskinan, meningkatkan investasi, maksimalisasi digital IT dan menjalankan program-program aktual dari Presiden RI.

Khofifah mengungkapkan, kemiskinan ekstrem di Jatim telah mengalami penurunan signifikan, sehingga akan menjadi pendorong dan penguat untuk terus menurunkan kemiskinan ekstrem di semua daerah. 

Sementara Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Provinsi Jatim selama 5 tahun berturut-turut, mengalami peningkatan signifikan di atas rata-rata nasional. 

Selain itu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Jatim yang terbaik di antara seluruh provinsi di Indonesia. Sedangkan terkait program aktual sesuai arahan Presiden, yakni pada penggunaan e-katalog Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (PBJ) adalah yang terbanyak dari semua provinsi se-Indonesia. 

Artinya, lanjut Khofifah, ekosistem sudah terbangun dengan baik karena adanya proses pendampingan, yang terus dilakukan oleh jajaran Pemprov Jatim.

“Selamat bertugas kepada Penjabat Wali Kota Probolinggo, mudah-mudahan dalam menjalankan tugas Allah selalu anugerahkan kemudahan, kesuksesan dan kemanfaatan serta keberkahan,” tandasnya.

Khofifah mengapresiasi kesuksesan Kota Probolinggo sebagai salah satu kota, yang memiliki banyak prestasi luar biasa. 

Dia juga menitipkan Pj. Wali Kota Probolinggo kepada jajaran Forkopimda Kota Probolinggo, agar berkoordinasi sehingga mampu bersinergi dan melakukan telaah lebih cepat untuk menjalankan APBD tahun anggaran 2024.

“Segera menyiapkan RPJMD dalam membentuk Rencana Pembangunan Daerah (RPD), koordinasi dan sinkronisasi program supaya berkelanjutan. Karena Pembangunan berkelanjutan memungkinkan kita melakukan percepatan-percepatan dari proses yang sudah kita lakukan,” pintanya.

Pj. Wali Kota Probolinggo, Nurkholis menyebut tugas Penjabat Wali Kota adalah meneruskan program-program yang telah dilakukan, dan tidak dibolehkan merubah kebijakan-kebijakan yang sudah dilakukan oleh kepala daerah sebelumnya.

Dengan jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim, Nurkholis mengatakan pihaknya sudah banyak membantu beberapa UMKM di Probolinggo dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang di pelabuhan. 

Tujuannya untuk memaksimalkan kinerja UMKM sehingga dapat mengurangi beban produksi. Hal itu adalah program yang bersinergi dengan Pemerintah Kota Probolinggo.

“Seperti yang disampaikan Gubernur tadi, prestasi Habib Hadi sangat luar biasa terutama terkait dengan kesehatan, sehingga nantinya kami akan terus memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik. Langkah pertama yang akan saya lakukan adalah koordinasi terkait program-program di tahun 2024 ini,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV