SUARA INDONESIA

Menabung Tiap Hari, Kunci Warga Desa Kecil di Banjarnegara Berkurban 78 Sapi dan 229 Kambing

Iwan Setiawan - 18 June 2024 | 20:06 - Dibaca 522 kali
News Menabung Tiap Hari, Kunci Warga Desa Kecil di Banjarnegara Berkurban 78 Sapi dan 229 Kambing
Tumpukan daging kurban di Desa Batur, Kabupaten Banjarnegara, siap didistribusikan untuk warga yang membutuhkan. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Terungkap, ternyata ratusan warga Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, rajin menabung tiap hari agar bisa tetap berkurban tiap tahun pada momen Idul Adha.

Diketahui, mayoritas warga Dusun Krajan ternyata bekerja sebagai buruh tani, agar bisa tetap berpartisipasi di hari kurban mereka menabung perhari Rp 10 ribu  sampai Rp 50 ribu dalam waktu 10 bulan.

Dari 778 warga yang telah berkurban, jumlah kurban pun selalu meningkat yang sangat signifikan, pada tahun 2023 lalu tercatat jumlah sapi sebanyak 73 ekor dan kambing sebanyak 229 ekor.

"Alhamdulillah idul Adha tahun ini ada peningkatan jumlah kurban, yakni untuk sapi sebanyak 74 ekor, sementara untuk kambing sebanyak 293 ekor," ungkap Ahmad Hidayatusibhan, ketua panitia, Senin (17/6/2024).

Sementara Kepala Desa Batur Ahmad Fauzi mengatakan, dari data panitia baik daging hewan baik kambing maupun sapi hingga mencapai 25 ton atau 25 ribu kilogram daging kurban. Selanjutnya dikemas menggunakan plastik menjadi 9.300 paket daging.

"Setiap warga pun mendapat kurang lebih tiga hingga empat kilogram daging kurban, setiap orang mendapatkan satu paket daging, jika dalam satu keluarga ada 10 berarti keluarga tersebut juga mendapat 10 paket daging kurban," katanya.

"Selain untuk warga sekitar, dari 9.300 paket daging tersebut kami distribusikan di 7 Kabupaten, termasuk jika ada tamu yang datang di Batur juga kita anggap sebagai penerima," imbuhnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV