SUARA INDONESIA

Raih Opini WTP, Bupati Puja Beri Reward Kepada TAPD

Mustakim Ali - 02 November 2020 | 15:11 - Dibaca 674 kali
Pemerintahan Raih Opini WTP, Bupati Puja Beri Reward Kepada TAPD
Tiga Kendaraan roda dua dari Bupati Yuni Wonda untuk TPAD Puja atas Reward Berhasil meraih WTP

MULIA - Kabupaten Puncak Jaya (Puja) mendapat Piagam Penghargaan terkait predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan RI (Ibu Sri Mulyani) yang diserahkan di Jayapura pada tanggal 27 Oktober 2020 lalu.

Atas prestasi tersebut, Bupati Yuni Wonda berikan reward kepada Ketua bersama anggota Tim Anggaran Pemda (TAPD) dengan menyerahkan 3 unit kendaraan bermotor roda dua atas pencapainya dalam Apel Gabungan yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Puncak Jaya, Senin (02/11/2020).

Secara garis besar, capaian tersebut merupakan gambaran kinerja penatakelolaan keuangan daerah tahun 2019 seluruh OPD. Namun secara spesifik, peran TAPD sangat signifikan dan strategis dalam mendorong dan mengawal jalannya pengelolaan keuangan dari OPD menjadi lebih transparan, akuntabel dan memiliki andil besar agar penyajian laporan keuangan sesuai dengan ketentuan berlaku.

“Pemerintah Pusat mengapresiasi dan memberi penghargaan terhadap 17 kabupaten/kota dari 29 Kab/Kota se Papua yang meraih WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI. Persetasi ini kami menunggu 24 Tahun lamanya. Namun tahun ini kita mampu meraihnya, sebagai upaya kami untuk memajukan pengelolaan keuangan daerah yang tertib dan transparan menuju good governance,” jelas Bupati Yuni.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada TAPD dan seluruh Kepala OPD, PPK dan bendahara yang bekerja keras untuk mencapai hal itu.

Kendati demikian, Bupati mengakui bahwa mempertahakan predikat itu lebih susah dibanding memperolehnya. Oleh karenanya, pihaknya akan berkomitmen untuk lebih meningkatkan kinerja jajarannya dalam pelayanan publik lebih khusus dalam pengelolaan keuangan serta pertanggungjawabannya karena, konsekuensi dari predikat ini adalah pelaporan keuangan LKPD kedepan harus tanpa cela.

"Bukan hal yang mudah dalam mengelola keuangan di Puncak Jaya sebagai daerah dengan tingkat kesulitan tinggi setelah lama betah dengan Predikat Wajar dengan Pengecualian (WDP),"bebernya.

Dalam kepemimpinannya, banyak belajar dan mengevaluasi letak kesalahan pengelolaan keuangan yang selalu berlindung dibalik kesulitan daerah terutama aspek keamanan yang dinilai rawan. Bupati Yuni dalam 3 tahun terakhir telah membawa Puncak Jaya dalam situasi kondisi yang relatif aman sehingga auditor dapat langsung terjun ke lapangan untuk memeriksa hasil pembangunan. Respon yang diberikan jajarannya cukup cepat untuk menindaklanjuti hasil LHP terhadap hasil pemeriksaan.

Disela-sela apel gabungan tersebut, Bupati Puncak Jaya selaku Pembina Apel langsung menyerahkan plakat piagam penghargaan atas capaian opini WTP dari Menteri keuangan kepada Ketua TAPD yang Diwakili Plh. Sekda Mulyadi, S.Sos, M.AP, M.KP selaku Asisten Bid. Adm Umum Setda dihadapan ratusan peserta Apel yang hadir.

Selain itu sebagai bentuk apresiasi dan reward, Bupati Yuni serahkan sepeda motor Jupiter Z masing - masing 1 unit berikut dokumen kendaraan kepada Ketua TAPD, Mulyadi, S. Sos, M. AP, M. KP, Kepala BPKAD Yubelina Enumbi, SE dan Kepala Inspektorat Drs. M. Ahyar.

Menurutnya pola reward and punishment dalam mengevaluasi kinerja bawahan sangat serius diterapkan. Hal itu terbukti mampu mengangkat moral jajarannya untuk bekerja lebih kompetitif. Sejalan dengan hal itu dalam beberapa pekan kedepan, dirinya akan melakukan Pelantikan pejabat Eselon IV dan mengancam pejabat Eselon II yang memiliki kinerja mengecewakan untuk dievaluasi.

Bupati Yuni mengatakan bahwa 3 kepala OPD yang menerima kendaraan tersebut merupakan rewards/prestasi yang harus dipertahankan kedepan.

"Ketiga kepala OPD ini saya berikan kendaraan atas dasar kinerja mereka, sebagai penyemangat dan terus memberikan kinerja yang baik dan meningkat bagi kemajuan Puncak Jaya,”ucap Yuni.

Selain itu dirinya meminta agar Kepala OPD, PPK dan bendahara juga harus lebih giat mempertahkan kinerjanya agar lebih baik lagi kedepan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024