SUARA INDONESIA

Hadiri Panen Raya di Jombang, Menteri Pertanian Ingatkan Pentingnya Lumbung Pangan

Gono Dwi Santoso - 27 March 2021 | 20:03 - Dibaca 1.49k kali
Pemerintahan Hadiri Panen Raya  di Jombang, Menteri Pertanian Ingatkan Pentingnya Lumbung Pangan
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo pada Saat Melakukan Panen Perdana di Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Kabupeten Jombang, Sabtu (27/03/2021).Foto ( Gono Dwi Santoso ).

JOMBANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di dampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kapolres Jombang , Kodim 0814 Jombang ,Sekda dan OPD terkait menghadiri panen raya padi di Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang,Sabtu (27/3/2021). 

Panen raya ditandai dengan potong padi menggunakan mesin pemotong potong comby , Menteri Pertanian datang langsung menuju areal persawahan  dan langsung naiki mesin comby untuk melakukan panen perdana tersebut.

Dalam sambutan nya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian dengan alam sangat bersahabat tidak akan pernah mengingkari janji sepanjang berkeringat, terus memanfaatkan alam yang baik dengan cara- cara yang bijaksana, maka pertanian pasti mengeluarkan makanan, terangnya.

"Pertanian akan sumber kehidupan, pertanian memutar ekonomi rakyat. Kalau mau desa menjadi sejahtera ekonominya, maka fokus perhatikan pertanian," kata Yasin Limpo menambahkan.

Dikatakan dia, kalau pertanian baik maka baik pula pendidikan, kesehatan, keamanan dan ekonomi lain bergerak. Sebab, kata dia, pertanian tak perbah mengingkari janji.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu menyebut, ada waktunya ketika panen harga menjadi dinamis. Ketika banyak barang, maka harga turun, namun hanya sebentar.

Dengan kondisi seperti itu, ia berharap masyarakat tidak terburu-buru memutuskan menjual hasil panennya. Dikatakan dia, kalau sebelumnya banyak yang berbicara (harga) akan turun, itu supaya pedagang membeli murah.

"Kita lagi panen. Kalau panen harga turun, ya memang hukum ekonomi begitu. Tetapi makanan tidak pernah putus. Makanan itu dibutuhkan terus menerus," tuturnya.

Rakyat Indonesia masih makan padi adalah hal yang luar biasa baginya. Sebab, padi masih bisa diolah menjadi yang lain, begitupun juga dengan Jagung.

Namun, itu harus disangga oleh semua, yang artinya tidak hanya pemerintah saja. BUMN, BUMD harus digerakkan untuk menyerap hasil rakyat. Meskipun serapan tidak semuanya, tetapi rakyat masih bisa menyimpannya di rumah. 

"Kata orang tua dulu, jangan dulu beli apa-apa, jangan jual apa-apa dari pertanianmu sebelum kau punya makan satu tahun terjaga. Biasanya spt itu," kata menteri asal Makassar tersebut.

Jadi, dia melanjutkan, bahwasanya harus ada lumbung desa, kecamatan hingga kabupaten yang harus diisi sehingga ketika terjadi kemarau, hujan hingga krisis, makanan tetap tersedia." Dan itulah yang kita lagi usahakan secara bersama," ujar menteri pertanian.

Lebih lanjut dikatakan dia, di tengah badai pandemi COVID-19 yang masih belum diketahui berakhirnya dan ekonomi yang lain bermasalah. Pihaknya berupaya menjamin makan dan ekonomi pertanian rakyat untuk terus tetap berputar seperti sedia kala.

"Terima kasih, aku gembira, aku bahagia apa yang kita lakukan. Semoga panen kita tetap produksinya bagus, dan hasilnya mampu diserap oleh kita semua," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024