SUARA INDONESIA

Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Bupati Apresiasi Prestasi Pemuda Puncak Jaya 

Mustakim Ali - 28 October 2021 | 15:10 - Dibaca 1.12k kali
Pemerintahan Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Bupati Apresiasi Prestasi Pemuda Puncak Jaya 
Proses upacara HSP Kabupaten Puncak Jaya, Kamis (27/10/2021).

MULIA – Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya gelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 dengan tema “Hari Sumpah Pemuda Untuk Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda yang berpusat di Lapangan Alun-alun Pagaleme Kota Baru, Kamis (28/10/2021).

Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD, Zakaria Telenggen bersama sejumlah anggota, Kapolres Kompol Ridwan, Dandim 1714/PJ yang diwakili Pasi Ops Kapt. Inf Daniel Sine, Sekda Tumiran, Ketua DWP Hj. Manikem bersama Pejabat Eselon II dan III serta perwira TNI/Polri. Hadir pula pimpinan Instansi Vertikal dan Kepala Bank Papua dan para pimpinan Denominasi Gereja dan Masjid serta Ketua Ikatan keluarga Nusantara lengkap dengan pakaian adatnya.

Peringatan kali ini merupakan upacara Sumpah Pemuda pertama kalinya di Puncak Jaya yang diprakarsai oleh KNPI dan organisasi pemuda diantaranya Pemuda Pancasila, KONI, Forum Pemuda Peduli Puncak Jaya (FPPJ) dan Perempuan peduli Pembangunan serta Satgas amanah bahkan siswa sekolah Alkitab.

Dalam sambutannya, Bupati Yuni Wonda menyampaikan peringatan hari Sumpah Pemuda kali ini, sengaja memberikan ruang dan panggung untuk pemuda guna membuktikan diri.

Terbukti hari ini dalam peringatan Sumpah Pemuda untuk pertama kalinya setelah sekian lama digelar terbuka dilapangan alun-alun yang seluruh panitia, petugas adalah dari pemuda. Baik itu KNPI, KONI, Pemuda Pancasila dan sebagainya ikut terlibat.

Bupati Yuni mengungkapkan dalam kepemimpinan yang telah memasuki 4 tahun, urusan pembinaan kepemudaan dan organisasi masyarakat adalah menjadi bagian dari prioritas dalam Masa Kepemimpinannya melalui Visi Misi Amanah melakukan pendekatan pembinaan organisasi. Terbukti 9 Organisasi Pemuda dan masyarakat telah dilantiknya. Dirinya berharap organisasi dapat menjadi wadah untuk bersosialisasi bagi kaum muda. 

“Kehadiran organisasi pemuda, organisasi perempuan serta organisasi masyarakat yang telah dilantik dan bina sebanyak 9 Ormas adalah wujud keberpihakan pemerintah kepada pembinaan pemuda khususnya putra-putri asli papua dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Kehadiran ormas yang saya bentuk diharapkan menjadi wadah berorganisasi dan melatih kepemimpinan generasi muda dalam berinteraksi dan bersosialisasi bersama,” ujarnya.

Bupati Yuni berharap pemuda menjadi ujung tombak estafet bangsa. Pemuda Puncak Jaya harus bisa menjadi pelopor dalam berbagai kegiatan bakti sosial, kepedulian, kegiatan solidaritas, pengembangan dan pelestarian budaya lani, sharing keahlian, dan pengetahuan, pertunjukan seni maupun kegiatan pemuda gerejawi.

“Para Pemuda Puncak Jaya harus proaktif menjadi penggerak masyarakat dalam berbagai aspek dan kehidupan bermasyarakat. Kita harus menjadi pelaku dan bukan penonton di negeri sendiri, harus menjadi contoh bukan peniru,” tutur Bupati.

Kata Bupati Yuni, Pemuda merupakan warisan yang dimiliki oleh negara dan bangsa yang menjadi tulang punggung bangsa. 

“Upacara kali ini kami digelar menggunakan pakean adat istiadat yang berbeda, dari berbagai macam suku dan ras namun tetap berada dalam ikatan Bendera Merah Putih,” tuturnya. 

Bupati menambahkan dalam pagelaran PON XX Papua kemarin, patut berbangga karena salah satu Putra Puncak Jaya ikut mengharumkan nama Papua dengan menyabet Medali Emas sebagai gelandang tengah Kontingen Papua dalam cabor Sepakbola. Selain itu dirinya menyebutkan contoh lain generasi muda Puncak Jaya yang sukses menjadi Pilot sipil seperti Lenius Wonda. 

"Generasi Puncak Jaya harus akrab dengan organisasi untuk melatih jiwa kepemimpinan harus jadi pelaku dan pemain bukan jadi penonton dan peniru apalagi menjadi biang kerok dalam hal negatif/criminal," pesan Yuni.

Dalam pelaksanaan upacara, seluruh peserta sangat antusias dan khidmat mengikuti pengibaran sang merah putih oleh Paskibra Puncak Jaya. Upacara yang berjalan dengan aturan Sipil itu tetap menerapkan protokol kesahatan memakai masker dan jaga jarak.

Ada hal yang unik dalam Pembacaan Deklarasi pemuda, Sumpah Pemuda dan Teks Pembukaan UUD 1945. Yang berbeda adalah, ketiga pembaca ikut diiringi oleh rombongan warga nusantara yang berpakaian adat dari suku nusantara.

Mereka berasal dari pemuda Forum Nusantara yang berdomisili di Puncak Jaya diantaranya suku Batak, Bugis Makassar, Toraja, minahasa, Jawa, madura, Timor, maluku, Pesisir papua dan Padang dibawah naungan merah putih yang berkibar.

Kehadiran mereka dikacamata Bupati Yuni merupakan warna tersendiri bahwa Puncak Jaya adalah Honai (rumah) yang nyaman untuk segala warna, suku, agama, ras dan adat istiadat bersatu padu, tumbuh, dan bangkit bersama membangun Puncak Jaya.

Dari Puncak Jaya, Kota dingin Puncak Jaya, Bupati Yuni Wonda menyampaikan pesan damai dan mengajak Pemuda Papua khususnya Puncak Jaya bangkit meraih impian dan belajar terus menjadi teladan dalam persaingan yang makin ketat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024