SUARA INDONESIA

Beberapa Pohon Tumbang di Banyuwangi, BMKG: Akibat Pumpunan Angin

Muhammad Nurul Yaqin - 21 December 2021 | 14:12
Pemerintahan Beberapa Pohon Tumbang di Banyuwangi, BMKG: Akibat Pumpunan Angin

BANYUWANGI- Fenomena angin kencang melanda Kabupaten Banyuwangi. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang pada Selasa (21/12/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi menyampaikan, angin kencang tersebut disebabkan karena pumpunan angin/terbentuknya pertemuan arus massa udara.

Pumpunan angin tersebut melintas di wilayah Banyuwangi dari tekanan tinggi di bumi belahan selatan 1022 Mili Bar. Kemudian angin ini bergerak menuju tekanan rendah 1006 Mili Bar yang berada di barat laut Australia. 

"Karena beda tekanan yang signifikan itu maka Angin menjadi kencang," jelas Prakirawan BMKG Bayuwangi, Yustoto Windiarto, Selasa (21/12/2021).

Katanya, fenomena angin kencang ini akan berlangsung selama dua hari berpotensi menyebabkan banjir rob. Cuaca juga akan mengalami hujan sedang hingga ringan.

Oleh karenanya, BMKG mengimbau masyarakat yang ada di pesisir laut agar mewaspadai potensi terjadinya banjir rob.

"Untuk wilayah Banyuwangi diprediksi terjadi pada malam hari bersamaan pasang air laut maksimum sekitar jam 21.00 WIB. Masyarakat pesisir dan nelayan tambak dihimbau waspada dan mengantisipasinya," pungkas dia. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV