SUARA INDONESIA

Wabup Purworejo Animo Aktivitas Merti Desa di Tegalsari

Agus Sulistya - 12 May 2022 | 13:05
Pemerintahan Wabup Purworejo Animo Aktivitas Merti Desa di Tegalsari

PURWOREJO - Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti mendatangi acara merti Dusun Silo, Desa Tegalsari, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah, Rabu (11/05/2022).

Acara yang dipusatkan di tempat tinggal Kepala Dusun Silo itu didatangi Forkopimcam Bruno, beberapa Kepala Desa se-Kecamatan Bruno dan undangan lainnya dan disemarakkan pagelaran wayang kulit tadi malam jemu oleh Ki Kuwat Hadi Samono dari Gunung Kidul Yogyakarta.

Wakil Bupati Yuli Hastuti dalam sambutannya benar-benar menghargai dan mengucapkan terima kasih ke warga Desa Tegalsari terutamanya Dusun Silo, yang sudah melakukan aktivitas merti desa sebagai salah satunya wujud konservasi adat dan budaya bangsa.

"Merti desa, bersih dusun, kenduri dusun, sedekah bumi atau aktivitas semacam, pada hakekatnya sebuah aktivitas sebagai lambang rasa sukur warga ke Tuhan atas semua anugerah yang diberikan-Nya. Dari dahulu saya mengetahui sendiri jika masyarakat Bruno punyai hajat apa saja itu tentu acaranya regeng karena gotong royongnya masih baik sekali," katanya.

Selanjutnya, Wabup menjelaskan, jika semestinya mengucapkan syukur karena sesudah 2 tahun tidak dapat rayakan Idul Fitri secara terbuka.

"Tahun ini kita dapat kembali rayakan Idul Fitri. Tetapi kita belum mengetahui, adakah kenaikan kasus Covid-19 sesudah liburan panjang Idul Fitri, ingat mobilisasi dan hubungan antara masyarakat condong lebih bebas hingga vaksinasi menjadi satu diantara usaha penting dalam pengatasan wabah Covid-19," ucapnya.

Dipertambahnya, selainnya implementasi prosedur kesehatan Wabup yakin masyarakat Bruno dapat jaga itu secara baik.

"Saat dahulu covid masih tinggi-tingginya saja Kecamatan Bruno dapat terus jaga ada di zone hijau," paparnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya