SUARA INDONESIA

Ketua TP PKK Jatim Apresiasi Integrasi Pelayanan Desa dan Masyarakat di Kendalbulur Tulungagung

Tim - 23 June 2022 | 19:06
Pemerintahan Ketua TP PKK Jatim Apresiasi Integrasi Pelayanan Desa dan Masyarakat di Kendalbulur Tulungagung

TULUNGAGUNG- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mengapresiasi pelayanan terintegrasi yang ada di Kantor Desa Kendalbulur, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung. Dimana, antara pelayanan desa dan pelayanan publik bagi masyarakatnya telah terintegrasi satu dengan yang lain.

“Kita lihat disini bagaimana ada PAUD, PKK, Karang Taruna, Linmas sampai dengan Pelayanan Umum bagi masyarakat telah terintegrasi. Tentunya ini memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” kata Arumi saat Penilaian Lapang Lomba Desa dan Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Provinsi Jatim di Kantor Desa Kendalbulur, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung, Kamis (23/6).

Arumi mengatakan, Desa Kendalbulur ini memiliki berbagai inovasi dan integrasi pelayanan yang tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat. Di Kantor Desa ini misalnya, terdapat berbagai pelayanan terintegrasi seperti PKK, Karang Taruna, Posyandu, Badan Permusyawaratan Desa, BUMDesa sampai pelayanan umum.

Tidak hanya itu, desa ini juga memiliki berbagai inovasi seperti digitalisasi pelayanan Desa Kendalbulur seperti pengurusan Letter C, kearsipan dll. Serta adanya website berisi informasi pelayanan desa dan aplikasi berbasis android yakni Simpel Desa.

“Tidak hanya inovasi tapi berbagai program desa ini juga menarik. Tadi saya lihat ada Sadewa atau Santunan Dari Desa Untuk Warga. Kemudian juga ada program ketahanan pangan dan juga peningkatan ekonomi masyarakat melalui unit usaha di BUMDesa. Ini luar biasa sekali,” katanya.

Menurutnya, kegiatan peninjauan lapangan dalam pelaksanaan 10 program PKK ini bersamaan dengan lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jatim tahun 2022. 

Untuk itu, Arumi mengapresiasi TP PKK Kabupaten Tulungagung yang telah berhasil masuk nominasi dalam penilaian lapang, setelah sukses dalam penilaian administrasi dan penilaian paparan di kantor DPMD Jatim yang telah diselenggarakan pada tanggal 17 - 19 Mei 2022 lalu. 

“Alhamdulillah tahun ini penilaian lapang ini bisa kami selenggarakan secara offline dan meninjau langsung program yang ada. Tentunya kami senang sekali bertemu dan melihat langsung bagaimana program yang ada disini,” katanya.

Lebih lanjut menurutnya, maksud kunjungan lapang hari ini adalah untuk memberikan semangat kepada para pengurus dan kader PKK sesuai dengan pengetahuan, kompetensi, ketrampilan dan potensi daerah dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK di kabupaten/kota. 

Selain itu juga untuk melaksanakan pembinaan dan evaluasi hasil pembinaan 10 program pokok PKK secara berjenjang di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa sampai pada kelompok dasa wisma. 

“Dalam penilaian ini, saya mengharapkan dapat melihat dan mendapatkan informasi sejelas - jelasnya tentang gerakan 10 program pokok PKK Desa Kendalbulur secara benar, nyata, valid dan dapat dipertanggungjawabkan dari para pengurus dan kader PKK Desa Kendalbulur,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Arumi juga berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan program pilot project dengan kegiatan Kesehatan ibu dan anak, di Desa Tanggap Tangguh Bencana, yang ada di Desa Macanbang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya