SUARA INDONESIA

Harhubnas 2022, Banyuwangi Komitmen Tingkatkan Pelayanan Transportasi pada Masyarakat

Muhammad Nurul Yaqin - 17 September 2022 | 11:09
Pemerintahan Harhubnas 2022, Banyuwangi Komitmen Tingkatkan Pelayanan Transportasi pada Masyarakat

BANYUWANGI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyuwangi bersama insan perhubungan menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022.

Wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah menjadi inspektur upacara yang digelar di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi, Sabtu (17/9/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Sugirah mengatakan, Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang memiliki moda transportasi lengkap. Mulai transportasi darat, laut, dan udara.

"Transportasi darat meliputi layanan angkutan darat dan angkutan perkeretaapian. Transportasi laut dengan adanya Pelabuhan Tanjungwangi dan Pelabuhan ASDP Ketapang. Sedangkan transportasi udara kita memiliki Bandara Blimbingsari," sebutnya.

Adanya moda transportasi yang lengkap, Sugirah mengajak insan transportasi di Banyuwangi untuk bekerja lebih keras dalam meningkatkan pelayanan publik di bidang transportasi yang lebih baik. 

"Perhubungan memiliki peran cukup krusial dalam mendukung roda perekonomian, memperlancar mobilisasi penduduk, barang serta konektivitas antar daerah. Kita harus terus berbenah diri agar mampu mendukung konektivitas dan aksesibilitas seluruh wilayah Banyuwangi," ajaknya.

Sugirah menambahkan, dengan mengutip tema nasional Harhubnas 2022 ’’Bangkit Maju Bersama’’, memiliki makna bahwa tantangan di era sekarang tidak akan bisa dihadapi tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara pemangku kepentingan di sektor transportasi. 

"Kita tidak akan cepat bangkit jika kita tidak bersama, tidak bersatu. Ibarat kata pepatah 'sebatang lidi akan mudah patah, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan’. Jadi kolaborasi, komunikasi, koordinasi selalu dibangun untuk melayani masyarakat dalam menikmati transportasi," cetusnya.

Pemkab Banyuwangi, lanjut Sugirah, juga berkomitmen untuk berperan aktif dalam meningkatkan keselamatan, ketertiban, kenyamanan dan kelancaran lalu lintas. "Tentunya melalui beberapa program kegiatan diantaranya penyediaan, perlengkapan jalan, penyediaan kebutuhan sarana lalu lintas dan angkutan jalan," jelasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Banyuwangi, Dwiyanto menambahkan, Harhubnas 2022 menjadi refleksi pihaknya untuk meningkatkan kinerja. Sebab, ada beberapa tantangan yang harus pihaknya hadapi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Tantangannya adalah ketika menegakkan regulasi, terutama yang over dimensi dan overloading itu tidak mudah, nanti itu pasti terkait akses jalan. Akses jalan tidak boleh rusak karena tonase harus kita atur. Sehingga aktivitas perekonomian bisa lancar, tidak boleh terganggu karena itu," ucapnya.

Selain itu, Dwiyanto menyebut, tantangan moda transportasi ke depan yakni banyaknya kendaraan roda empat dan roda dua milik perorangan. Sehingga akan berdampak pada pengurangan transportasi umum di terminal.

"Tapi dengan kenaikan harga BBM kemarin, diharapkan banyak masyarakat yang menggunakan moda transportasi umum, sehingga tingkat kemacetannya bisa terurai. Apalagi, sekarang sudah banyak bus yang mengedepankan kenyamanan dan keamanan bagi para konsumen," tandasnya.

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV