SUARA INDONESIA

Sekda 'Ngelak' Tak Disposisi Perbaikan Makam RBA ke Dinsos, Kadinsos Bondowoso Akui Keluarga Ki Ronggo Pernah Datang Padanya

Bahrullah - 26 December 2022 | 15:12 - Dibaca 2.37k kali
Pemerintahan Sekda 'Ngelak' Tak Disposisi Perbaikan Makam RBA ke Dinsos, Kadinsos Bondowoso Akui Keluarga Ki Ronggo Pernah Datang Padanya
Bambang Sukwanto Sekda Bondowoso, Anisatul Hamidah Kadinsos Bondowoso, Mulyadi Kadisparpora dan gambar atap makam Raden Bagus Asra yang rusak (Foto: Kolase/Suaraindonesia.co.id)

BONDOWOSO - Bambang Sukwanto Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso 'mengelak' telah menurunkan disposisi pengajuan perbaikan atap makam Raden Bagus Asra (RBA) ke Dinas Sosial (Dinsos).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso Bambang Soekwanto juga 'mengelak' bahwa disposisi yang diberikan tidak jatuh pada Dinsos.

"Kata siapa disposisi ke dinsos? Coba lihat disposisinya jika benar ada ke dinsos," jawab Bambang dikonfirmasi via pesan singkat, dikutip dari Suara Denpasar jaringan Suaraindonesia.co.id, Minggu (25/12/2022).

Bambang mengaku, memerintahkan Dinsos Kabupaten Bondowoso menangani hal lain untuk perbaikan atap makam Ki Ronggo.

"Dinsos menangani petugas. Untuk honornya," tutur mantan Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian di eranya Bupati Bondowoso Amin Said Husni itu.

Menurutnya, mengutip penuturan dari Ikatan Keluarga Besar Ki Ronggo tidak boleh dijadikan dasar.

"Jika katanya kan tidak bisa dijadikan dasar. Sebaiknya tanyakan pak Sinung karena beliau kan duduk di badan anggaran," ujarnya.

Sementara, Kepala Disparbudpora Kabupaten Bondowoso Mulyadi mengakui bahwa Tusi memperbaiki atap makam Ki Ronggo memang ada pada instansinya.

"Tapi kami menjalankan tugas sesuai aturan. Disposisi dari pak Sekda turunnya ke OPD lain," ungkapnya.

Dia mengaku tidak memahami alasan kenapa disposisi seperti tidak tepat sasaran.

"Itu wewenang atasan, mas. Kami bawahan hanya menjalankan," ujarnya.

Sedangkan, Anisatul Hamidah Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Bondowoso mengakui jaka Ikatan Keluarga Besar Ki Ronggo datang padanya mengomunikasikan perbaikan atap makam pasca mendapatkan petunjuk dari Sekda Bondowoso.

"Kami sudah jelaskan bahwa untuk perbaikan bukan Tusi (Tugas dan Fungsi) kami, tapi di Dinas Pariwisata," jawabnya dikonfirmasi terpisah.

Sebelumnya Supriadi, Ketua Ikatan Keluarga Besar Ki Ronggo menyebutkan telah menyodorkan proposal permohonan kepada Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin pasca disurvey Wabup, BPBD dan Disparbudpora Bondowoso.

"Saya berkirim surat pada bapak bupati. Pak bupati turun perintah ke pak Sekda. Pak Sekda kok turunnya (disposisi) ke dinsos. Setelah saya tanyakan ke Dinsos, ternyata tidak ada dana," terang Supriadi.

 Lebih lanjut Supriadi menjelaskan, karena sudah tidak ada anggaran dari Pemkab Bondowoso, maka ia mengumpulkan Ikatan Keluarga Besar Ki Ronggo untuk berembuk memperbaiki makam pembabat Bondowoso sendiri.

"Akhirnya ikatan keluarga sepakat swadaya iuran memperbaiki sendiri, karena saat ditembus sudah bilang tidak ada anggaran," pungkasnya.

Diketahui, atap makam Raden Bagus Asra (Ki Ronggo), bapak pendiri Bondowoso pada 1819 silam itu, sempat rusak diterjang bencana puting beliung pada 24 September 2022 lalu.

Sebab komplek Makam Ki Ronggo telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya, maka Ikatan Keluarga Besar Ki Ronggo menyodorkan proposal untuk perbaikan kepada Bupati Bondowoso.

Namun tiga bulan permohonan itu tidak ditindaklanjuti, sehingga Ikatan Keluarga Besar Ki Ronggo memutuskan memperbaiki atap yang rusak itu dengan cara iuran.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024