SUARA INDONESIA

UIN Malang Buka Kesempatan Kuliah Gratis, Ini Syaratnya

Mohammad Sodiq - 01 March 2021 | 19:03 - Dibaca 10.39k kali
Pendidikan UIN Malang Buka Kesempatan Kuliah Gratis, Ini Syaratnya
Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: ist)

MALANG - Tingginya biaya pendidikan kerap sekali membuat lulusan SMA atau sederajat tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang membuka kesempatan untuk calon mahasiswa yang ingin mengembangkan potensinya di perkulihan.

Selain lewat SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri, UIN Maliki Malang juga membuka Program Beasiswa Teladan 2021.

Program Beasiswa Teladan UIN Malang ini diperuntukkan bagi hafidz dan hafidzah yang hafal 30 juz Alquran.

Wakil Rektor I UIN Maliki Malang Prof. Dr. Zainuddin, MA., mengatakan, Beasiswa Teladan diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang hafal Al Quran.

Prof. Zainuddin mengatakan, bagi penerima beasiswa akan mendapatkan biaya secara gratis hingga lulus kuliah.

"Beasiswa Teladan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan UIN Malang bagi para penjaga Al Quran," ujarnya, Senin (01/03/2021).

Selain hafal Al Quran, UIN Malang juga membatasi maksimal umur 20 tahun bagi pendaftar beasiswa.

Calon mahasiswa juga harus melengkapi beberapa persyaratan lainnya. Di antaranya, lulusan SMA atau sederajat. Atau, lulusan pesantren muaddalah yang lulus pada tahun 2020 atau 2021.

"Calon mahasiswa harus memiliki sertifikat hafalan (bagi hafidz dan hafal Alfiyah Ibnu Malik atau Uqudul Juman)," pungkas Prof. Zainuddin.

Materi seleksi terdiri dari tes tulis serta tes interview melalui online. Selain itu, calon peserta juga akan dilakukan tes baca Al Quran.

"Jadi harus sangat diperharikan dengan seksama agar bacaannya menjadi lancar," ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut dan detailnya, Prof. Zainuddin menyarankan agar calon peserta membuka website resmi https://reg.uin-malang.ac.id

"Peserta bisa mendaftar melalui website kampus uin-malang.ac.id nanti klik pendaftaran dan login. Biaya pendaftarannya Rp 300 ribu. Yang lolos harus melakukan registrasi sebagai mahasiswa," ujarnya.

Sebagai informasi, mahasiswa baru UIN Maliki Malang yang lolos seleksi Beasiswa Teladan akan tinggal di mahad (asrama) selama setahun.

Untuk jalur seleksi Program Beasiswa Teladan, ada prodi khusus yang bisa dipilih, yaitu Akuntansi, Bahasa dan Sastra Arab, Biologi, Farmasi, Fisika, Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah), Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah), Hukum Tata Negara.

Selain itu ada juga Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Kimia, Manajemen, Manajemen Pendidikan Islam, Matematika, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Dokter, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Perbankan Syari'ah, Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Psikologi, Sastra Inggris, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Teknik Arsitektur dan juga Teknik Informatika.

Berikut jadwal pelaksanaan seleksi Program Beasiswa Teladan UIN Malang 2021:

1. Pendaftaran: 22 Februari - 24 Maret 2021

2. Pelaksanaan Seleksi:

5 April 2021: Tes tulis potensi dan preferensi

6-7 April 2021: Tes Prestasi

7 April 2021: Tes Interview

3. Pengumuman: 13 April 2021

4. Registrasi dan Validasi: 3-7 Mei 2021

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohammad Sodiq
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV