SUARA INDONESIA

BKI UIN KHAS Jember Ikuti Riset Kolaboratif Mahasiswa

Wildan Mukhlishah Sy - 18 July 2022 | 08:07 - Dibaca 2.17k kali
Pendidikan BKI UIN KHAS Jember Ikuti Riset Kolaboratif Mahasiswa
Peserta RKM Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember. Foto: Istimewa

JEMBER- Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember, turut serta mendelegasikan mahasiswanya dalam kegiatan Riset Kolaboratif Mahasiswa yang difasilitasi oleh Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.

Sejumlah mahasiswa yang didapuk menjadi perwakilan BKI UIN KHAS Jember antara lain, Eka Nur Setiani, Lutfi Nailil Istiqomah dan Juniar Cici Sesarianti, dengan membawa topik pembahasan “Resilensi Perspektif Gender: Upaya Singgle Parents Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Hidup”.

Tema tersebut diangkat berdasarkan banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa sosok yang paling terdampak atas terjadinya perceraian adalah perempuan, sedangkan pada kenyataannya laki-laki juga merupakan korban dalam kejadian tersebut.

“Bukan berati laki-laki tidak menjadi korban dalam sebuah perceraian,” ungkap tim penerliti, Jumat (15/7/2022).

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember Prof. Ahidul Asror menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberikan ruang pada mahasiswa Fakultas Dakwah untuk melatih kemampuan meneliti sebagaimana kompetensi keilmuan yang dipunya.

“Supaya mereka termotivasi menghasilkan karya penelitian yang bermutu dan berkualitas, selain itu manfaatnya juga bisa dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya, saat memberikan sambutan di lokasi penelitian Balai Desa Sidomulyo.

Tak hanya itu, RKM juga mempersiapkan dan mengasah kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian, sehingga memenuhi kualifikasi untuk terlibat dalam program penelitian yang dilaksanakan oleh pihak Fakultas hingga Institut.

Prof Asror juga menyebutkan, melalui kegiatan penelitian kolektif dan kompetitif tersebut, peserta akan mendapatkan competitive adventage, untuk mampu berkiprah secara kompeten dalam merespon adanya tawran penelitian lain, baik tingkat regional, nasional hingga internasional.

“Terlebih dalam setiap kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen,” tandasnya.

Diketahui, sebanyak 60 mahasiswa Fakultas Dakwah dari BKI, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Manajemen Dakwah (MD), Psikologi Islam dan Pemberdayaan Masyarakat Islam (PMI) juga turut serta dalam RKM tersebut.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya