SUARA INDONESIA

Keren, Amanatul Ummah Mojokerto Gelar Olimpiade Sains Se-Jawa Timur

Mohamad Alawi - 19 February 2023 | 15:02 - Dibaca 1.76k kali
Pendidikan Keren, Amanatul Ummah Mojokerto Gelar Olimpiade  Sains Se-Jawa Timur
Ketua Umum Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (PERGUNU) Pusat Prof Dr KH Asep Syaifuddin Chalim MA atau Kiai Asep saat membuka Olimpiade Sains Se Jatim, Minggu (19/2/2023).

MOJOKERTO - Pondok pesantren modern inspiratif Amanatul Ummah Pacet Mojokerto menggelar Olimpiade Sains tingkat SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA/ SMK se-Jawa Timur di gedung MTs Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Minggu (19/2/2023). pemetaan pelajar dari berbagai penjuru Jawa Timur memadati gedung MTs Amanul Ummah. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (PERGUNU) Pusat Prof Dr KH Asep Syaifuddin Chalim MA atau Kiai Asep. Dalam sambutannya, diselenggarakan olimpiade ini, agar para tua maupun tenaga pendidik memiliki tolak ukur untuk mengetahui anaknya dalam menyerap ilmu pada saat proses pembelajaran. Selain itu, juga sebagai sarana pengembangan kreativitas pelajar dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Sarana menumbuhkembangkan semangat semangat dalam berprestasi juga merupakan barometer kualitas pendidikan dari para pelajar," ungkap Kiai Asep. 

“Karena tidak ada UNAS lagi, kita tidak tahu sejauh mana kebutuhannya dan keberhasilan hasil pendidikan anak. Oleh karena itu, olimpiade untuk menambah wawasan peserta didik diadakan di dunia pendidikan Indonesia adalah dengan menjalankan pola pengembangan bakat dan minat siswa dalam ilmu pengetahuan. Disamping itu pula , supaya lebih kenal dengan Amanatul Ummah yang mempunyai prestasi segudang nasional maupun internasional," jelas Kiai Asep. 

Kiai Asep menerangkan, berbagai prestasi nasional dan internasional telah diraihnya. Diantaranya adalah Tahun 2017, Amanatul Ummah menerima penghargaaan menjadi sekolah terfavorit di Indonesia, Tahun 2018 meraih penghargaan sebagai sekolah yang sistem pengajarannya paling baik di Indonesia, Tahun 2019 sebagai pondok pesantren modern inspiratif terbaik di Indonesia, serta kelulusan MBI Amanatul Ummah banyak diterima di universitas terkemuka luar negeri dan dalam negeri.

“Amanatul Ummah, juga ada sekolah yang hanya ditempuh 2 tahun yaitu sekolah SKS (dulu sekolah aktivasi) untuk SMP dan SMA. Setelah itu, dapat melanjutkan diperguruan terkemuka didunia seperti, Jerman, Perancis, Inggris, Rusia dan timur tengah tidak usah tes (karena Juga ada SMPBP (SMP Basis Penghafal Alquran) dilanjut ke SMA BP untuk SMA BP akan mendapat Golden Ticket untuk melanjutkan kuliah tinggi Unair, ITB, UGM, UI,” terangnya.

Sedangkan Rahmat selaku koordinator panitia Olimpiade Sains Amanatul Ummah mengatakan, olimpiade sains ini baru pertama kali diadakan setelah pandemi. Namun, sebelum adanya pandemi, kegiatan ini diadakan setiap tahun. Hari ini, untuk gelombang pertama olimpiade sains sebanyak 1.500 peserta dari tingkat SD dan MI. Untuk tingkat SMP dan MTS dgelar minggu depan, sedangkan tingkat SMA, MA dan SMK digelar dua minggu lagi.

"Hadiah pertama, menerima 3 juta, juara kedua 2.500.000," dan juara ke 3 sampai 6 sebesar 1.500.000,- serta @100 hadiah hiburan bagi para peserta lomba. Materi yang diujikan, matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia dab IPA, tim pengujinya dari para profesional pakar pendidikan," katanya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV