SUARA INDONESIA

Guru dan Siswa SMK Binaan MPM Honda Jatim Siap Adu Keterampilan di Festival Vokasi Satu Hati

Redaksi - 09 February 2024 | 20:02 - Dibaca 1.56k kali
Pendidikan Guru dan Siswa SMK Binaan MPM Honda Jatim Siap Adu Keterampilan di Festival Vokasi Satu Hati
Salah seorang siswa SMK Binaan MPM Honda Jatim. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Sebanyak 4 siswa dan 1 guru terbaik SMK binaan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT didaulat mewakili Jawa Timur untuk berkompetisi di Final Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) 2024 yang diadakan PT Astra Honda Motor (AHM) pada 20-22 Februari 2024 dan berkompetisi dengan SMK perwakilan dari Main Dealer seluruh Indonesia yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

“Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri, kami mohon dukungannya untuk para perwakilan dari Jawa Timur di ajang FVSH ini. FVSH sebagai upaya sinergi dengan dunia pendidikan dalam menyiapkan dan melahirkan sumber daya manusia unggul dan siap terjun ke dunia kerja,” kata Rita Djohar, HR & GA Division Head MPM Honda Jatim.

Sebelum melangkah ke grand final ini, kelima peserta tersebut harus melewati tahap seleksi regional yang diadakan oleh MPM Honda Jatim pada 4 - 5 Oktober 2023 berkompetisi bersama dengan total peserta 99 siswa dan 99 guru.

Dari hasil seleksi awal regional MPM Honda Jatim, terpilih 5 siswa dan 2 guru yang akan mengikuti seleksi lanjutan regional yang akan diadakan pada 10 - 11 Oktober 2023 dan dipilih 4 siswa dan 3 guru yang mewakili MPM Honda Jatim pada seleksi tingkat nasional .

Setelah terpilih, mereka harus melewati tahapan pembekalan untuk menghadapi kontes yang dilakukan di MPM Learning Centre Jawa Timur. 

Para siswa dengan minimal kelas XII dan tenaga pengajar yang telah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor dapat mengikuti kegiatan ini dengan mendaftar di sekolah masing-masing dengan melalui berbagai tahapan seleksi. Para peserta akan unjuk keahliannya dalam perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan bahan uji materi sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

Pada kategori guru, berbagai tantangan akan dihadapi oleh para peserta guru mulai dari sisi teknis penyampaian materi dan pengetahuan teknik sepeda motor. Pengujian dilakukan secara praktik dan tertulis. Sementara itu, para siswa ditantang menunjukkan keahliannya dalam praktik perbaikan sepeda motor. 

Pelaksanaan penjurian kegiatan ini dilaksanakan melalui proses live streaming maupun penilaian secara langsung yang dilakukan oleh para juri berpengalaman dalam mengajar dan juri dari bidang teknis sepeda motor Honda.

Hingga akhir tahun 2023, MPM Honda Jatim telah bekerjasama dengan 100 SMK yang telah menerapkan kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor Honda di wilayah Jawa Timur.

*Peserta Kategori Guru*

Rika Dwipranomo (SMK PGRI 2 Ponorogo). 

*Peserta Kategori Siswa*

1.Dika Nurul Setiawan (SMKN 1 Bendo Magetan). 

2. Ahmad Ibrahim Movick (SMKN 1 Singosari). 

3. Ahmad Ferdiansyah (SMK ISLAM 1 Blitar). 

4 . Ridho Cahya Pridana (SMK PGRI 2 Ponorogo). (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV