SUARA INDONESIA

Sambut Ramadan, Siswa SD di Jombang Ikuti Grebek Apem dan Doakan Leluhur

Gono Dwi Santoso - 01 March 2024 | 19:03 - Dibaca 1.63k kali
Pendidikan Sambut Ramadan, Siswa SD di Jombang Ikuti Grebek Apem dan Doakan Leluhur
Suasana acara grebek apem sambut Ramadan 1445 H di SDN Kepuhrejo 1 Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (01/03/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Menjelang Ramadan, guru dan wali murid, serta siswa di SDN Kepuhrejo 1 Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang , Jawa Timur, mengadakan doa bersama dan grebek apem. Sebanyak 1.445 apem dibagikan kepada siswa, Jumat (01/03/2024).

Lebih seribu apem tersebut dibikin serupa gunungan setinggi 2,5 meter. Gunungan apem itu ditaruh di tengah para undangan yang dikelilingi oleh wali murid, siswa, serta guru dan komite sekolah. Gunungan berbentuk kerucut itu di atasnya tertancap bendera merah putih.

Sebelum diberikan ke siswa, panitia terlebih dahulu berkirim doa ke arwah leluhur dan tahlil bersama. Kemudian, dilanjutkan makan kue apem bersama yang disambung permintaan maaf anak kepada ibu.

Kepala SDN Kepuhrejo 1 Sri Murdiantini mengatakan, kegiatan ini sudah yang kedua dan melibatkan wali murid serta siswa. "Tujuannya untuk mengingatkan kita dalam menyambut bulan suci Ramadan," terangnya.

Dia menjelaskan, di samping doa bersama juga menampilkan Tahfiz Quran juz 30. "Siswa di sini juga ada yang hafal Alquran juz 30. Dilanjutkan pembagian santunan anak yatim, sehingga nilai kekeluargaan dan kebersamaan antara guru, siswa dan wali murid kian terjalin erat," pungkasnya.

Sementara itu, Bipit Nidia Ningrum, salah seorang wali murid, merasa senang dengan kegiatan grebek apem ini. Karena menurutnya, sudah dua tahun berturut-turut kegiatan tersebut digelar menjelang Ramadan.

"Anak- anak merasa antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga tahun depan diadakan lagi dan dengan konsep yang lebih bagus," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV