SUARA INDONESIA

Perkuat Karakter Siswa, SDN Tambakromo 1 Geneng Ngawi Tanamkan Budaya Menabung Sejak Dini

Ari Hermawan - 27 March 2024 | 19:03 - Dibaca 1.01k kali
Pendidikan Perkuat Karakter Siswa, SDN Tambakromo 1 Geneng Ngawi Tanamkan Budaya Menabung Sejak Dini
Peserta didik SDN 1 Tambakromo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, saat antri menabung. (Foto: Ari Hermawan/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, NGAWI - SDN 1 Tambakromo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, melakukan letarasi inklusi keuangan yakni budaya menabung sejak dini bagi peserta didik.

Kepala Sekolah SDN 1 Tambakromo Geneng, Sali mengatakan ajakan dan menanamkan budaya menabung sejak dini kepada siswa siswi agar kelak dapat mengelola keuangan dengan baik.

"Keberlangsungan hidup, serta masa depan terletak pada ekonomi yang mapan. Maka, program menabung sejak dini ini melatih para peserta didik untuk menanamkan manajemen keuangan yang baik," kata Sali pada Rabu (27/3/2024).

"Hal ini harapannya bisa memperkuat 287 karakter siswa siswi kami, agar bisa mengelola keuangan, tentunya tidak boros, hemat dan bermanfaat," sambungnya.

Program menabung sejak dini yang dilakukan, pihak sekolah juga menggandeng Bank Ekadharma. Hal ini menghindari resiko dan adanya jaminan dana tabungan yang ditabung di Bank tersebut.

"Kami melibatkan pihak Bank, selain menghindari resiko, juga sebagai bentuk pembelajaran kepada siswa agar jika menyimpan uang di bank, baiknya kepada lembaga bank yang sah," ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ngawi, Zainal Fanani mengapresiasi penuh program menabung sejak dini yang dilakukan di SDN 1 Tambakromo tersebut.

"Progam ini sangat positif bagi generasi muda agar bisa menabung sejak dini, ini juga bagian dari edukasi. Kami berharap bisa dicontoh sekolah lain," ucapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV