SUARA INDONESIA

Lembaga Uji Unitomo Surabaya, Sukses Lahirkan 35 Wartawan Profesional

Magang - 05 May 2024 | 18:05 - Dibaca 1.21k kali
Pendidikan Lembaga Uji Unitomo Surabaya, Sukses Lahirkan 35 Wartawan Profesional
Pengumuman kelulusan peserta uji kompetensi wartawan oleh tim penguji Syaiful Anam, Sabtu (04/05/2024)

SUARA INDONESIA, SURABAYA – Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Universitas dr. Soetomo (Unitomo) berhasil melahirkan 35 wartawan profesional setelah mengikuti serangkaian kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW) di salah satu hotel ternama di Surabaya 3-4 Mei 2024.

Lewat penguji yang profesional, wartawan yang berasal dari lintas media online dan cetak berhasil pulang menyandang gelar profesional dan dinyatakan lulus oleh penguji.

Menurut sekretaris Lembaga UKW Unitomo Yuli Zulaikha menyampaikan, bahwa UKW kali ini adalah program pemerintah pusat, yang mana semua penyelenggaraannya gratis seratus persen.


“tahun ini, Lembaga Uji Unitomo mendapat kepercayaan dari Dewan Pers untuk menyelenggarakan uji kompetensi wartawan. Alhamdulillah semua berjalan lancar sampai selesai. Meskipun ada 1 peserta yang sakit,” terangnya.

Tidak hanya itu, perempuan yang sekaligus menjabat Ka.Prodi Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo ini membeberkan, selain di Surabaya dalam waktu dekat akan mengadakan kembali di beberapa provinsi di luar jawa.

“Setelah kita mengadakan di Surabaya ini, kita akan berlanjut ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Juga Jawa Tengah. Alhamdulillah kita diberi kepercayaan,’ katanya.


Lebih jauh dirinya juga kembali menyinggung, bahwa profesi wartawan adalah profesi mulia “Harapan kita, wartawan-wartawan yang sudah profesional ini akan menjadi wartawan yang unggul di lapangan,” tutupnya.

Salah seorang peserta uji jenjang utama Imam Haironi dari media siber Suara Indonesia , mengaku bangga bisa menjadi bagian peserta UKW Dewan Pers yang difasilitasi Unitomo.

“Manambah ilmu dan pengetahuan. Sekarang bisa menjadi paham bagaimana kewajiban dan batasan-batasan menjadi seorang pemimpin redaksi yang benar dan bertanggungjawab. Terimakasih Unitomo,” ucapnya, usai mengikuti ujian.

Di tempat yang sama, selain Unitomo, lembaga uji lain seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) juga mengadakan uji kompetensi wartawan dengan program yang sama.(Gilang Gibran)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV