SUARA INDONESIA

Kenalkan Budaya Sejak Dini Melalui P5, Ratusan Siswa TK di Banjarnegara Lenggak-lenggok Menari Tradisional

Iwan Setiawan - 03 June 2024 | 17:06 - Dibaca 807 kali
Pendidikan Kenalkan Budaya Sejak Dini Melalui P5, Ratusan Siswa TK di Banjarnegara Lenggak-lenggok Menari Tradisional
Siswa TK di Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, saat mengikuti festival tari tradisional dalam acara program P5, Senin (3/6/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Rasa cinta Indonesia yang begitu tinggi membuat TK se-Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah melaksanakan kegiatan istimewa bertajuk budaya bertempat di taman Maerakaca Desa Kemranggon.

Kegiatan yang diikuti oleh 7 TK ini tertuang dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mengusung tema "Aku Cinta Indonesia" dengan cara menggelar festival tari tradisional untuk melestarikan budaya bangsa.

Ratusan siswa 7 TK di Kecamatan Susukan tampak gemulai mengikuti irama musik, terlihat pula orang tua siswa tampak kagum menyaksikan kelucuan para penari cilik di festival tersebut.

Ketua Gugus Melati Kecamatan Susukan Surmiyati mengatakan, dengan adanya program P5 untuk meningkatkan kepercayaan diri terhadap anak khususnya siswa TK di Kecamatan Susukan.

"Selain untuk mengenalkan terhadap anak tentang warisan budaya, ini tentunya juga bisa mengurangi dampak penggunaan gadget secara berlebihan," katanya. Senin (3/6/2024).

Di tempat sama Kasi Paud Kabupaten Banjarnegara Agus Mudiyanto jika pihaknya sangat mengapresiasi acara festival tari tradisional dalam program P5 yang diselenggarakan di Desa Kemranggon.

"Ini sangat luar biasa sekali, selain untuk mengenalkan budaya tradisional sejak dini, tentu saja bisa untuk mengasah kemampuan dan keterampilan terhadap anak" ujarnya.

"Selain itu kami juga sangat bangga karena siswa tidak hanya mengenal teori, namun juga praktek bagaimana menerapkan nilai Pancasila sejak dini sekaligus untuk melestarikan budaya bangsa agar kelak tidak di klaim oleh bangsa asing," imbuhnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV