SUARA INDONESIA

One Voice SMPN 1 Surabaya Borong Juara di Dua Kategori SWCF 2024

Lukman Hadi - 02 October 2024 | 15:10 - Dibaca 119 kali
Pendidikan One Voice SMPN 1 Surabaya Borong Juara di Dua Kategori SWCF 2024
Grup paduan suara One Voice SMPN 1 Surabaya saat mengikuti gelaran Surabaya World Choir Festival (SWCF), di Balai Kota Surabaya, pada akhir September 2024 kemarin. (Foto: Humas Pemkot Surabaya untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Grup paduan suara One Voice dari SMP Negeri 1 Surabaya menyabet prestasi pada gelaran Surabaya World Choir Festival (SWCF) 2024.

One Voice berjaya dalam dua kategori sekaligus di ajang kompetisi bernyanyi yang digelar perdana di Kota Surabaya itu. Prestasi itu di antaranya Teenager’s Choir Category atau paduan suara remaja dan Pop and Jazz Category.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Surabaya, Eko Widayani mengaku sangat bersyukur atas prestasi yang diraih One Voice Spensabaya dalam kompetisi SWCF 2024.

"Alhamdulillah, One Voice Spensabaya dalam kompetisi SWCF 2024 telah mengusung dan menang juara Grandprix kategori Pop Jazz dan Tanage, " ujarnya, Rabu (2/10/2024).

Menurutnya, ini berkat kerja keras, cerdas, ikhlas, dan tuntas mereka yang tak mengenal putus asa dan tetap semangat dalam proses tumbuh kembang pendidikan karakter melalui bakat dan talennya di tarik suara atau paduan suara.

"Kami warga Spensabaya sangat mengapresiasi dengan skill dan talent tersebut. Semoga One Voice Spensabaya selalu dan semakin sukses kedepannya dengan motto "tiada hari tanpa prestasi" pungkasnya.

Sementara Patron SWCF, Herlina Harsono Njoto, mengatakan hasil ini menjadi bukti talenta-talenta muda Surabaya bisa bersaing dalam ajang nasional maupun internasional.

''Persaingannya cukup ketat, sebab ini adu keindahan suara ya, jadi benar-benar detil penilaiannya baik harmonisasi suara, ritme naik turun nada dan lain sebagainya,'' kata dia, Rabu (2/10/2024).

Melalui ajang tersebut, Herlina berharap, talenta-talenta muda tersebut harus mendapat apresiasi berbagai pihak lantaran prestasinya.

''Ketekunan mereka dalam melatih suara hingga menjadi juara jarang orang bisa melakukannya,'' imbuh Anggota DPRD Surabaya itu.

Herlina menyampaikan, ada 12 kategori yang dilombakan dalam ajan SWCF di Surabaya. Ke-12 kategori tersebut  diikuti para peserta dengan talenta yang cukup berkualitas.

12 kategori tersebut masing-masing; Teenager’s Choir Category, Traditional Spiritual Category, Children’s Choir Category,  Mixed Choir Category, Youth Choir Category, Vocal Group Category, Folksong Category, Solo Youth Category, Pop and Jazz Category, Solo Children Category, Solo Popular Category, dan Solo Classical Category.

Direktur Artistik SWCF, Tommyanto Kandisaputra mengatakan, kompetisi paduan suara yang pertama kali digelar ini menjadi panggung untuk menampilkan keindahan nyanyian, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan komunitas paduan suara di Jawa Timur melalui seni dan budaya.

''Selain itu, harapannya festival ini dapat membuka pintu bagi komunitas internasional untuk datang dan mengenal Kota Surabaya," jelas dia. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV