SUARA INDONESIA

Peringatan Hari Gerbong Maut, DPR Ajak Milenial Melek Sejarah

Bahrullah - 23 November 2020 | 07:11 - Dibaca 3.85k kali
Peristiwa Daerah Peringatan Hari Gerbong Maut, DPR Ajak Milenial Melek Sejarah
Monumen Gerbong Maut di Alun-alun Bondowoso (Foto: Bahrullah/Suaraindonesia)

BONDOWOSO- Memperingati Hari Gerbong Maut yang jatuh tiap 23 November. Wakil Ketua DPRD Bondowoso, Sinung Sudrajat mengajak pemuda milenial harus ingat peristiwa Gerbong Maut di Bondowoso yang merupakan bagian dari sejarah bangsa dan sudah tertulis jelas dalam buku sejarah. 

" Karena selama ini, kalau bicara sejarah dari kaum milenial rata-rata mereka bosan," katanya, Senin (23/11/2020).

Sinung mengatakan, di masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Gerbong Maut memang dilakukan secara sederhana oleh para aktivis.

Namun, lanjut Sinung, poin penting adalah masyarakat jangan sampai lupa bahwa peristiwa yang memakan banyak korban tersebut pernah terjadi di bumi Ki Ronggo ini.

" Bung Karno pernah mengatakan bahwa Jasmerah (jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah). Jika kau meninggalkan sejarah maka kau akan tergilas oleh sejarah itu sendiri karena sejarah pasti berulang," jelasnya.


Dewan kesenian daerah itu berharap, tidak hanya sekedar sejarah perjuangan bangsa. Namun, Kabupaten Bondowoso adalah bagian dari kerajaan besar yakni Majapahit, dimana terdapat sejarah budaya dan pemerintahan untuk lebih dihargai, dijaga dan dilestarikan.

" Dengan berbagai upaya. Termasuk diantaranya adalah peringatan-peringatan hari bersejarah. Baik itu level nasional maupun kedaerahan," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV