SUARA INDONESIA

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak dan Bupati Sampang H Slamet Junaidi Kroscek Pompa Air.

- 12 December 2020 | 10:12 - Dibaca 1.75k kali
Peristiwa Daerah Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak dan Bupati Sampang H Slamet Junaidi Kroscek Pompa Air.
Foto: Wakil Bupati Sampang saat mendampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, mengkroscek pompa air

SAMPANG- Pasca meluapnya debit air kali kemoning yang berdampak terendamnya beberapa wilayah dan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Sampang, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak bersama rombongan di dampingi Bupati Sampang H Slamet Junaidi kroscek pompa air, Jum’at (Jum’at/11/12/2020). 

Meluasnya wilayah terkena dampak meluapnya kali Kemoning tersebut mendapat perhatian langsung dari Wakib Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak yang turun langsung memantau sejumlah peralatan penanggulangan banjir, antaranya Pompa Air yang berada di Dusun Dhe Bukor desa Panggung.

Dari hasil pantauan di lapangan Wakil Gubernur Jawa Timur mendapati banyak temuan terkait dengan pompa air penyedot banjir yang beroperasi kurang maksimal.

Menanggapi hal tersebut Bupati Sampang H Slamet Junaidi berharap ada Sinergi antara Pemerintah Kabupaten (PemKab) dan Provinsi Jawa Timur, bersama menanggulangi banjir di sejumlah daerah khususnya Kabupaten Sampang.

“Banyak temuan, genset mati, ICU mati, operatornya tak paham teknis, padahal efeknya sangat besar, ini yang sangat disayangkan, Jika semuanya berfungsi normal, mungkin banjir ini tidak meluas seperti kemarin dan dua pompa tidak beroperasi, hingga di Jalan Delima gensetnya overhead” keluhnya

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyampaikan bahwa kedatangannya di Sampang setelah mengetahui adanya pompa air yang dikelola Pemerintah Provinsi tidak berfungsi maksimal.

“Ternyata sesuai dengan laporan yang kita terima bahwa pompa air tidak berfungsi maksimal, kalau dibiarkan kasihan masyarakat, hal ini menjadi catatan agar melakukan maintenance pompa, genset maupun kabel yang rusak,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyayangkan mekanik yang bertugas juga kurang maksimal bahkan tidak terlalu meyakinkan perihal teknis.

“Urusan teknis listrik, mesin dan sebagainya saya mengakui Pak Bupati Sampang paham semua, kita akan meminjam genset milik BBWS Brantas agar bisa mengangkat pintu air, Ada pompa yang menyedot air 300 liter per detik, direncanakan beroperasi pagi tadi namun ada kendala baru saja 15 menit yang lalu beroperasi jadi akan kita pantau fungsinya apakah maksima”. jelasnya

Dari hasil pantauannya, pihaknya mewarning Dinas PU SDA Jawa Timur agar selalu melakukan perawatan terhadap aset yang dikelola agar ketika sewaktu-waktu dibutuhkan seperti saat ini bisa difungsikan maksimal dan bermanfaat.

Perlu diketahui, Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak tiba di Kabupaten Sampang jumat sore sekitar pukul 15.30 Wib, bersama rombongan dari Perwakilan Dinas Social Jawa Timur, BPBD, Dishub Jawa Timur dan Bakorwil Pamekasan.(HID)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV