SUARA INDONESIA

Bupati Puja Yuni Wonda Resmi Menyandang Gelar Doktor

Mustakim Ali - 09 March 2021 | 12:03 - Dibaca 909 kali
Peristiwa Daerah Bupati Puja Yuni Wonda Resmi Menyandang Gelar Doktor
Bupati Yuni Wonda saat mengikuti sidang promosi doktor di Uncen
MULIA - Bupati Kabupaten Puncak Jaya (Puja) Yuni Wonda resmi menyandang gelar Doktor di Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) Prodi Doktor Ilmu Sosial, Bidang Kajian Ilmu PemerintahanProdi Doktor Ilmu Sosial, Bidang Kajian Ilmu Pemerintahan dengan disertasi yang berjudul "Kebijakan Pemerintah Daerah Terhadap Dinamika Perjuangan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kabupaten Puncak Jaya".

Ujian terbuka promosi doktor Bupati Yuni Wonda dibuka langsung oleh Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir Apolo Safanpo, ST., MT , yang dilaksanakan di Auditorium pasca sarjana Uncen pada, Kamis (04/02/2021) lalu.

Dikesempatan lain, Yuni Wonda menjelaskan selama Papua bergabung dalam NKRI kurangnya perhatian terhadap Orang Asli Papua (OAP) dalam hal pendidikan, kesehatan, perekonomian dan pembangunan.

Menurutnya hal inilah yang memicu terjadinya pergerakan pergerakan. Dengan demikian perlu adanya pendekatan - pendekatan yang benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri.

"Penelitian kami yang berfokus di Puncak Jaya dengan menggunakan metode kualitatif, tujuannya melakukan pendekatan melalui sosial ekonomi," ujar Yuni Wonda dalam menjelaskan judul disertasinya.

Menurut Bupati Puja itu dari setiap pengalaman yang ada di Papua, setiap pergerakan Organisasi (OPM) ini bergerak bahwa pendekatan yang dilakukan negara adalah pendekatan militeristik. Inipun meninggalkan luka dalam bagi Orang Papua, seharusnya negara tidak boleh melihat papua itu dengan menggunakan kacamata militeristik. 

"Perlu dilakukan pendekatan atau lebih tepat sasaran adalah pendekatan kesejahteraan yakni Pendidikan, kesehatan, perekonomian dan pembangunan," tuturnya.

Dalam sidang terbuka Promovendus Yuni Wonda dapat mempertahankan disertasi di depan para penguji dan para promotor serta ko promotor atas pertanyaan-pertanyaan kritis dan klarifikasi dengan baik dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada promotor dan ko promotor atas bimbingan dan motivasi yang luar biasa hingga pada akhirnya saya boleh sidang promosi dengan hasil yang memuaskan atau predikat baik," bebernya.

Dirinya juga beri penghormatan dan apresiasi Kepada Gubernur Papua atas persetujuan dan dorongannya dalam penyusunan disertasi ini, lebih khususnya juga kepada masyarakat Kabupaten Puncak Jaya.

Hal sama disampaikan oleh Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir Apolo Safanpo, ST., MT yang turut memberikan apresiasi kepada doktor Yuni Wonda beserta keluarga besar atas prestasi yang sudah di capai.

"Terimakasih banyak atas kepercayaan bapak atas menimbang ilmu di Universitas Cenderawasih semoga ilmu yang didapat, dapat terus dikembangkan, di aplikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat dimana bapak melayani," paparnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV