SUARA INDONESIA

Jaga Posko Penyekatan Mudik Lebaran, Polres Tuban Siagakan Personel 24 Jam

M. Efendi - 26 April 2021 | 13:04 - Dibaca 3.08k kali
Peristiwa Daerah Jaga Posko Penyekatan Mudik Lebaran, Polres Tuban Siagakan Personel 24 Jam
Petugas saat menghadang pengendara di Posko Bancar perbatasan Jatim-Jateng, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Sesuai dengan keputusan Surat Edaran (SE) Addendum Nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1412 Hijriah. Polres Tuban kerahkan personil untuk melakukan pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) mulai berlaku tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, mengatakan, dalam penyekatan larangan mudik anggota kepolisian Polres Tuban bersama TNI, Dinas Perhubungan dikerahkan untuk tugas pengetatan selama 24 jam.

"Akan kita bagi menjadi 3 (tiga) shift, karena pengetatan tersebut berjalan 24 jam, jadi setiap jam ada personilnya," ungkap AKBP Ruruh Wicaksono kepada awak media di jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban. Senin, (26/04/2021).

AKBP Ruruh juga mengungkapkan, terkait dengan jalan tikus sesuai dengan daerahnya yang disitu ada Polsek, maka jajaran dari Polsek juga akan dikerahkan.

"Kita juga sudah menyampaikan ke Polsek, akses manapun harus dilakukan patroli penjagaan. Kemudian, ada posko PPKM ditingkat RT, kita cari informasi disana apakah ada warganya yang cuti dan sebagainya," imbuhnya.

Selain itu, menurut Ruruh jika dalam gugus tugas ditingkat kecamatan ternyata ditemukan warganya dengan kondisi reaktif maka kita sarankan untuk karantina agar tidak menularkan yang lain.

"Jadi yang jelas kita lihat kepentingannya apa, jika di surat edaran itu misalnya kepentingannya untuk kerja, pengantaran logistik, meninggal dunia atau apa ya kita lihat itu. Namun jika mereka mudik ya akan kita suruh putar balik," ucap Ruruh.

Lanjut, ada dua penyekatan di Jatirogo dan Bancar. Karena perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. termasuk dengan daerah Tuban, Lamongan dan Bojonegoro masuk dalam satu rayon. 

"Kemudian untuk pos pelayanan yang ada di rest area dan pantai boom," kata Ruruh.

Saat disinggung bagaimana dengan jalan tikus yang di Kenduruan, Kapolres Tuban menjelaskan ada polsek didaerah tersebut. dan akan ditempatkan personil untuk pintu masuk yang mengarah ke jawa tengah.

"Jadi ada kaitannya dengan aglomerasi. Seperti Tuban, Bojonegoro dan Lamongan. Sedangkan perbatasan Gresik ke Lamongan itu ada penyekatan sendiri," tutupnya. (Diah/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV