SUARA INDONESIA

Bangkitkan Ekonomi, Ketua Komisi I DPRD Bondowoso Beri Bantuan Modal Non Tunai pada Ratusan Pedagang

Bahrullah - 05 May 2021 | 19:05
Peristiwa Daerah Bangkitkan Ekonomi, Ketua Komisi I DPRD Bondowoso Beri Bantuan Modal Non Tunai pada Ratusan Pedagang

BONDOWOSO - Tohari, Ketua Komisi I DPRD Bondowoso, Jawa Timur, memberikan bantuan modal non tunai kepada ratusan pedagang pracangan.

Pedagang yang mendapatkan bantuan itu meliputi wilayah Maesan, Grujugan, Jambesari, dan Tamanan menerima bantuan modal non tunai dari Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan, Rabu (5/5/2021).

Modal yang diberikan diantaranya yakni beras 20 kilogram, gula delapan kilogram, mie instan satu karton, minyak delapan botol masing-masing 1 liter, serta delapan botol kecap.

H. Tohari, Anggota DPRD Bondowoso, bantuan itu diberikan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, sebab semua level usaha saat ini sedang turun akibat dampak pandemi Covid-19.

"Salah satunya, yakni pedagang kelontong. Ini kita bantu permodalan tapi bukan tunai. Tapi kita bantu dengan non tunai," ungkapnya.

Tohari mengaku, tidak ada lain tujuan bantuan ini diberikan hanya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Dia menghimbau agar apa yang diterima terkait bantuan tersebut bisa dijual kembali. Kemudian, bisa dijadikan model selanjutnya.

"Ini ada 1.450 paket. Hanya satu orang kita beri delapan paket," ungkapnya.

Dia berharap ini bisa membangkitkan perekonomian di tengah pandemi. Karena selama ini mereka luput dari pandangan pemerintah. Tepatnya, bantuan hanya menyasar warga tak mampu.

Padahal, pemilik toko kelontongan ini juga perlu stimulan untuk bisa bangkit di tengah terpuruknya ekonomi akibat pandemi.

"Saya mengajak Pemkab Bondowoso, dalam hal ini Bupati melalui Diskoperindag untuk terus melakukan pembinaan kepada pedagang kecil. Jadi recovery ekonomi kita berangkat dari bawah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan dan Usaha, Disperindag, Totok Haryanto mengaku, ini merupakan  program baru yang diinisiasi oleh Tohari, anggota DPRD.

Pihaknya menyambut baik program ini. Dan jika berhasil pihaknya akan mereplikasi ke wilayah lainnya. 

"Nanti kita akan adakan evaluasi. Jika bantuan ini di para penerima berhasil, Insya Allah di bulan Oktober akan kita lanjutkan kembali," pungkasnya.

Pewarta : Bahrullah
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV