SUARA INDONESIA

Minimalisir Kecelakaan Laut, SAR Lintas Purworejo Bangun Pos Pantau Mandiri

Widiarto - 11 June 2021 | 19:06
Peristiwa Daerah Minimalisir Kecelakaan Laut, SAR Lintas Purworejo Bangun Pos Pantau Mandiri

PURWOREJO - Search and Rescue (SAR) Lintas Purworejo, Jawa Tengah, mendirikan pos pantau mandiri di obyek wisata pantai Dewaruci Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, pada Jumat (11/6/2021).

Pos pantau itu didirikan rencananya difungsikan sebagai tempat pengawasan terhadap pengunjung pantai untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Pos pantau dengan ukuran luas 3x4 meter dan tinggi 4 meter itu dibangun secara swadaya mandiri oleh para anggota SAR Lintas Purworejo.

"Berawal dari keprihatinan kita ketika kemarin ada kejadian laka laut di pantai ini, maka teman-teman SAR Lintas jadi tergerak untuk membantu meminimalisir terjadinya bencana dengan cara melakukan pemantauan atau minimal mengingatkan wisatawan yang nekat mandi dilaut untuk supaya mereka tidak melanggar dari batas yang ditentukan melalui pos pantau yang kita bangun ini," ujar koordinator SAR Lintas Kecamatan Purwodadi, Arifudin Hamba,  saat ditemui dilokasi, pada Jumat (11/6/2021) sore.

Dikatakan, pos pantau itu dibangun tidak secara permanen, namun dibangun secara sederhana menggunakan bambu dan kayu.

"Rencananya kami akan membuat jadwal dengan menempatkan personil untuk berjaga di pos pantau ini. Penjagaan dibagi menjadi dua shift, yaitu shift pertama antara pukul 08.00-15.00 wib dan shift kedua antara pukul 15.00-21.00/22.00 wib," ujarnya.

Pos pantau, lanjutnya akan dilakukan hingga malam lantaran mesti obyek wisata telah ditutup pada sore, pengunjung kadang masih ada yang datang hingga petang bahkan sampai malam hari.

"Tujuan utama kami adalah meminimalisir terjadinya kecelakaan laut di lokasi pantai ini," tegasnya.

Pendiri yang juga ketua SAR Lintas Purworejo, Jatmiko, menambahkan, SAR Lintas Purworejo saat ini memiliki anggota aktif sebanyak 60 orang. Selain mendirikan pos pantau, guna meningkatkan kompetensi tentang pencarian dan pertolongan, SAR Lintas Purworejo juga giat menggelar berbagai pelatihan.

"Pada Minggu (6/6/2021) kemarin kita sudah melaksanakan latihan Medical First Responden (MFR), yang diikuti oleh sekitar 30 anggota SAR Lintas Purworejo dengan mengambil tempat pos Angkatan Laut di Desa Jatimalang. Rencana dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan latihan water rescue dengan lokasi kolam renang tirta indah 412 Purworejo," ungkapnya.

Pihaknya berharap, SAR Lintas Purworejo bisa sinergi dengan instansi terkait seperti Dinas Pariwisata, Satpol PP, Mispida dan Muspika untuk mengawasi secara bersama-sama lantaran lokasi pantai merupakan salah satu obyek wisata yang dikelola langsung oleh Dinas.

"Mulai berdiri hingga saat ini, SAR Lintas Purworejo murni kegiatanya adalah sukarela, dan kami tidak terikat dengan instansi manapun namun tetap berpedoman dengan SOP Basarnas, karena secara kegiatan kita berinduk pada Basarnas," pungkasnya.


 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV