SUARA INDONESIA

PT Cipta Mandala Indonesia dan PT Andara Sejati Pratama Ikuti Uji Kompetensi POP Pertambangan

Lukman Hadi - 14 June 2021 | 18:06
Peristiwa Daerah PT Cipta Mandala Indonesia dan PT Andara Sejati Pratama Ikuti Uji Kompetensi POP Pertambangan

SURABAYA - PT Cipta Mandala Indonesia (CMI) menggandeng PT Andara Sejati Pratama menggelar pendidikan dan pelatihan terkait Pemenuhan dan uji kompetensi Pengawas Operasional Pertama (POP) pada pertambangan, di Gorontalo, Sulawesi Utara.

Kegiatan uji kompetensi POP antara dua perusahaan yang aktif di bidang pertambangan ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Perwakilan PT Cipta Mandala Indonesia, George Filip Loswetar mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk mendukung proses tersebut.

"Kesempatan ini adalah pertama kalinya PT Cipta Mandala Indonesia (CMI) bekerjasama dengan PT Andara Sejati Pratama dalam pengembangan SDM-nya," ujarnya, Senin (14/6/2021).

Menurutnya, uji kompetensi POP ini mengikuti arahan Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2018, dan juga Pemerintah mengamanatkan bahwa seorang Pengawas Operasional Pertama POP Pertambangan harus memenuhi standar kompetensi kerja khusus di bidang pertambangan mineral dan batubara.

"Berdasarkan Permen ESDM No. 43 Tahun 2016 tentang pengawas operasional juga harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, sesuai Kepmen ESDM No. 1827/30/MEM/2018," terangnya.

Sementara itu, PJO PT Andara Sejati Pratama, Sjamiun Machmud menyampaikan, perusahaannya juga ingin tenaga teknisnya berkompeten.

"Para profesional ini diharapkan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengawas operasional pertama pada kegiatan pertambangan di area kewenangannya sehingga golden rules PT Andara Pratama Sejati  bisa diimplementasikan," tegasnya.

Ia menambahkan, kompetensi tersebut termasuk saat dalam melakukan inspeksi, identifikasi potensi bahaya dan resiko dan investigasi.

"Semua itu harus dipastikan sesuai dengan kaidah teknik pertambangan yang baik (good mining practice)," imbuhnya.

Kerjasama antara PT CMI dan PT Andara Sejati Pratama ini diharapkan dapat terus terjalin untuk penyiapan para praktisi pertambangan yang mumpuni. Tak hanya pada jenjang pengawas operasional pertama, madya dan utama, tetapi juga diklat-diklat teknis dan non-teknis di sektor geologi, mineral, dan batubara.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV