SUARA INDONESIA

Jelang Yadnya Kasada, Pemangku Adat dan Warga Tengger Dirapid Test Antigen

Lutfi Hidayat - 24 June 2021 | 15:06 - Dibaca 1.28k kali
Peristiwa Daerah Jelang Yadnya Kasada, Pemangku Adat dan Warga Tengger Dirapid Test Antigen
Warga Suku Tengger dirapid test antigen jelang perayaan Yadnya Kasada

PROBOLINGGO - Perayaan Yadnya Kasada masyarakat Hindu Suku Tengger di Kabupaten Probolinggo tertutup untuk umum, pelaksanaannya pun bakal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo siang ini, Kamis (24/06/2021) telah melakukan Rapid Test Antigen kepada para pemangku adat, pecalang dan masyarakat Suku Tengger.

Rapid Test Antigen dilakukan di dua titik, yakni di sekitar Pura Luhur Poten area laut pasir Gunung Bromo dan di Kantor Kecamatan Sukapura.

Koordinator Penegakan Hukum dan Disiplin Covid-19, Ugas Irwanto menyebut hingga kamis siang ratusan warga Suku Tengger yang hendak melaksanakan perayaan Yadnya Kasada telah melaui Rapid Test Antigen.

"Sampai siang ini sudah di swab (Antigen) lokasi dekat Pura (Luhur Poten-red) 147 orang dan semuanya negatif. Lokasi swab penyekatan satunya di Kantor Kecamatan Sukapura," paparnya.

Menurut Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian Rapid Tes Antigen sebagai syarat monev (monitoring dan evaluasi) pelaksanaan Yadnya Kasada.

"Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) selaku penanggungjawab Yadnya Kasada, Romo Mangku Pura Luhur Poten, Koordinator Gakum Covid-19 dan saya sendiri juga ikut Swab Antigen. Ini juga berlaku bagi wartawan yang akan meliput kegiatan tersebut," ungkapnya.

Sebagai informasi Yadnya Kasada merupakan upaca adat Suku Tengger di sekitar kawah Gunung Bromo, perayaannya akan dilakukan pada tanggal 25-26 Juni 2021, tahun ini kembali digelar tertutup untuk umum, demi mencegah terjadinya penularan Covid-19.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV