SUARA INDONESIA

Program Vaksinasi 1 Juta Perhari Mulai Digelar di Kabupaten Purworejo

Agus Sulistya - 25 June 2021 | 22:06 - Dibaca 1.50k kali
Peristiwa Daerah Program Vaksinasi 1 Juta Perhari Mulai Digelar di Kabupaten Purworejo
Suasana vaksinasi di Desa Purbayan, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo

PURWOREJO - Dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19 yang terus meningkat, program vaksinasi nasional 1 juta perhari dilaksanakan di Desa Gunung Teges dan Desa Purbayan, Kecamatan Kemiri, Kabupaten, Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (25/06/2021).

Budianto selaku Kepala Desa Purbayan menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada TNI, Polri dan Dinas Kesehatan yang telah menyelenggarakan program serbuan vaksinasi masal kepada warga di desanya.

"Mudah-mudahan desa ini bebas dari wabah pandemi covid 19. Vaksin ini bukan solusi terakhir namun kita harus tetap mematuhi protokol Kesehatan yang ketat agar tidak tertular virus ini," katanya.

Lebih lanjut, Budianto mengungkapkan, program vaksin tersebut merupakan yang pertama kali bagi warga Purbayan, namun sebelumnya pernah dilaksankan di puskesmas untuk warga yang lansia.

"Hingga saat ini, Alhamdulillah warga kami belum ada yang tertular wabah covid 19. Mudah-mudahan dengan vaksin ini lebih meguatkan Kembali kekebalan tubuh setiap warga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapten Inf. Purwoko selaku Komandan Koramil 08 Kemiri menjelaskan, kegiatan serbuan vaksin tersebut dilakukan untuk mendukung program pemerintah dan pimpinan TNI dalam mensukseskan vaksinasi Nasional 1 juta perhari di seluruh wilayah Indonesia.

"Untuk sasaran yang di pilih Kodim adalah di wilayah yang kini sedang diadakan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Purbayan dan desa sekitarnya," jelasnya.

Danramil menambahkan, kegiatan vaksin tersebut diikuti oleh 73 warga di Desa Gunung Teges dan 47 orang di Desa Purbayan dan berhasil mendapatkan suntikan vaksin tahap I yang kemudian akan dilanjutkan tahap II minggu depan.

"Untuk warga yang belum mendapatkan vaksinasi akan di layani di UPT Puskesmas Kemiri," imbuhnya.

Dijelaskanya, untuk warga yang akan divaksin harus melewati beberapa tahapan yaitu mendaftar sebagai peserta vaksin, screening pengecekan kelayakan vaksinasi, penyuntikan oleh tenaga kesehatan, selanjutnya observasi selama 30 menit untuk mengetahui perkembangannya, dan menerima sertifikat vaksin.

“Dengan vaksinasi ini harapanya untuk menguatkan imun dan kekebalan tubuh serta keyakinan bagi penerima vaksin namun tentunya harus tetap menerapkan protokol Kesehatan dengan 5 M agar terhindar dari covid 19," pungkasnya.

Diketahui, program vaksinasi nasional 1 juta perhari tersebut merupakan kerjasama antara Kodim 0708 Purworejo dengan Polres Purworejo, Polban 04.08.03 Purworejo dan UPT Puskesmas Kemiri.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV