SUARA INDONESIA

Vaksinasi Gratis Polres Tuban Diserbu Ribuan Warga, Antrian dan Kerumunan Tak Terhindarkan

M. Efendi - 26 June 2021 | 15:06 - Dibaca 1.46k kali
Peristiwa Daerah Vaksinasi Gratis Polres Tuban Diserbu Ribuan Warga, Antrian dan Kerumunan Tak Terhindarkan
Salah seorang Polwan saat melihat dan membantu warga yang akan mengikuti vaksinasi gratis di GOR Tuban, (Diah/Suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Polres Tuban gelar vaksinasi masal dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-75 bertempat di Gedung Olahraga GOR Rangga Jaya Anoraga, dibanjiri ribuan masyarakat Tuban.

Antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin gratis terhitung sangat tinggi, dalam pantauan suaraindonesia.co.id terlihat ribuan masyarakat rela antri berdesak-desakkan, kepanasan hingga kehausan.

Sejak pukul 06.00 WIB ribuan warga telah mengantri, padahal jadwal acara tersebut dimulai pukul 08.00 WIB. Meski sudah disediakan tempat duduk oleh panitia, namun antrian tidak dapat terhindarkan. Banyak warga yang rela berdiri dibelakang antrian.

Kapolres Tuban, AKBP Darman mengungkapkan, kegiatan vaksinasi massal dalam rangka peringati hari Bhayangkara ke-75, yang di mulai sejak 21 Juni lalu dan puncaknya digelar hari ini. 

"Vaksinasi massal ini dilakukan serentak secara nasional, sesuai dengan harapan dari Presiden Republik Indonesia agar terpenuhi program vaksinasi 1 juta dosis setiap hari," ungkap AKBP Darman kepada awak media, Sabtu (26/6/2021).

Selain itu, AKBP Darman juga sudah koordinasi dengan Forkopimda, vaksinasi di Kabupaten Tuban minimal 10 ribu dosis per-hari.

"Target harus terpenuhi, kurang lebihnya dalam 3 bulan kedepan masyarakat di Kabupaten Tuban yang usianya diatas 18 bisa tervaksinasi semua untuk dosis tahap pertama," imbuhnya.

Saat disinggung soal terjadinya kerumunan dalam vaksinasi tersebut, AKBP Darman mengatakan, jika pihaknya juga sudah melihat kondisi yang ada, petugas Kepolisian juga sudah menghimbau untuk taat protokol kesehatan (prokes).

"Masyarakat yang ikut vaksin harus menggunakan masker, kita juga sudah atur pelaksanaan untuk jaga jaraknya," tegas AKBP Darman.

AKBP Darman juga menjelaskan, mekanisme warga yang datang untuk ikut vaksinasi karena sebaran informasi dari Polres Tuban di sosial media.

"Tadi sudah kita sampling ya kita tanya, mereka tahu ada vaksinasi disini dari mana, katanya dari pesan group Whatshapp, Instagram, Facebook. Ya Alhamdulilah antusiasme warga diluar dugaan kita," bebernya.

Kapolres Tuban yang baru menjabat ini juga berharap, pada akhir tahun nanti masyarakat Kabupaten Tuban sudah tervaksin semua baik dosis pertama dan kedua.

Sementara itu, Yoga Satria (22) asal Kota Tuban mengatakan, jika tahu informasi dari Instagram Polres Tuban. Bersama rekannya Yori Adi Pratama (22) asal Kota Tuban juga ikut mengantri untuk mendapatkan vaksinasi gratis.

"Kondisi rame sekali ini, berkerumun, kurang efektif lah," ucap Yoga.

Hal senada juga disampaikan oleh Yori jika antusiasme warga sangat tinggi, maka dari itu yang antri banyak.

"Tapi bagus sih, ada vaksin gratis seperti ini," tambahnya.

Berbeda dengan Eko (57) asal Tuban, pihaknya merasa kehausan karena mengantri dari pukul 06.30 WIB hingga saat itu sudah pukul 09.50 WIB. 

"Panas ngene mbak, (panas gini mbak,Red) air mana air, kok gak dikasih air ini," tandasnya. 

Sekedar informasi, Kapolres Tuban AKBP Darman meninjau dilokasi vaksinasi bersama Bupati Tuban, Dandim 0811, Sekretaris Daerah (Sekda), serta Kepala Dinas Kesehatan Tuban. (Diah/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV