SUARA INDONESIA

Pandemi Covid-19, SMA di Ponorogo Lakukan MPLS Secara Daring

Andre Prisna - 15 July 2021 | 10:07
Peristiwa Daerah Pandemi Covid-19, SMA di Ponorogo Lakukan MPLS Secara Daring

PONOROGO - Seluruh sekolah di Kabupaten Ponorogo melakukan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran baru melalui daring atau online.

Sama halnya dilakukan SMA Negeri 2 Ponorogo yang melakukan MPLS tahun ajaran 2021/2022 bagi siswa-siswi kelas X ini melalui daring.

Menurut Kepala SMAN 2 Ponorogo, Turidjan mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan aturan permendikbud nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah. 

"Seiring dengan adanya penerapan PPKM darurat hingga 20 Juli mendatang, maka kita melakukan MPLS bagi siswa kelas X secara daring. Dilaksanakan selama tiga hari," jelasnya kepada media, Kamis (15/7/2021).

Tentu hal ini juga sesuai dengan arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Peserta didik wajib menyiapkan aplikasi zoom pada perangkat masing-masing serta menggunakan seragam sekolah.

"Siswa baru juga wajib mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Termasuk wajib mengumpulkan tugas yang diberikan guru selama MPLS ini," imbuhnya.

Pihaknya juga menghadirkan narasumber yang berkompeten di MPLS secara daring ini. Baik dari luar yaitu dari anggota TNI Ponorogo untuk materi wawasan kebangsaan serta kepolisian untuk materi ketertiban lalu lintas dan kenakalan remaja.

"Selain dari intern sekolah guru SMAN 2 Ponorogo, juga dari pihak Puskesmas untuk materi tentang memutus penyebaran mata rantai covid-19," jlentrehnya.

Senada juga diungkapkan Waka Kesiswaan SMAN 2 Ponorogo, Anang Sayekti. Menurutnya, kegiatan MPLS ini diikuti sebanyak 232 siswa siswi baru. Tentunya dibantu dan didampingi oleh anak-anak Osis SMADA.

"Selama kegiatan, tidak ada kendala dari pihak panitia, baik dari pemateri dan perangkat IT (zoom nya). Jadi berjalan dengan lancar," ungkapnya.

MPLS ini dilakukan untuk mengenali potensi siswa baru. Para siswa juga segera dapat beradaptasi dengan sekolah. Menumbuhkan semangat, motivasi dan cara belajar yang efektif.

"Terlebih saat ini ditengah pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan. Kita awali melalui MPLS ini, agar ada interaktif positif antara siswa dan guru," tandasnya. (*)

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya