SUARA INDONESIA

Temuan Struktur Bata Kuno di Persawahan Kota Blitar Diindikasikan Situs Hunian

Aris Danu - 26 September 2021 | 07:09 - Dibaca 1.29k kali
Peristiwa Daerah Temuan Struktur Bata Kuno di Persawahan Kota Blitar Diindikasikan Situs Hunian
Petugas sedang melakukan ekskavasi

Blitar - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur telah selesai melakukan survei eksvakasi temuan struktur batu kuno di area persawahan di belakang bangunan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar yang berada di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, pada Jum'at (24/09/2021). 

BPCB menyebutkan, hasil survei eksvakasi ditemukan ada indikasi situs hunian pada struktur bata kuno tersebut. Arkeolog BPCB Nonuk Kristiana mengatakan, temuan tersebut berpotensi untuk dilakukan penelitian dan ekskavasi penyelamatan.
Sebab, BPCB Jatim menganggap, selama ini belum pernah ada temuan situs hunian pada masa lalu di wilayah Blitar.

"Jadi, kemungkinan temuan struktur batu kuno tersebut diindikasikan ada situs hunian. Hal ini kemungkinan bisa dilakukan eksvakasi penyelamatan, karena selama ini belum pernah ditemukan situs hunian masa lalu semacam ini," jelas Nonuk. 

Kata Nonuk, hasil dari survei eksvakasi ini
pihaknya akan melakukan analisis, interpretasi awal dan rekomendasi. Dengan data temuan berupa  struktur bata dan temuan lepas dari bahan tanah liat berupa fragmen gerabah, BPCB mengindikasi di lokasi merupakan situs hunian.

"Hasil dari survei eksvakasi ini akan dilakukan, analisis, interpretasi awal dan baru dilakukan rekomendasi, apakah bisa dilakukan eksvakasi penyelamatan atau tidak," ungkap Nonuk. 

Sementara itu, menanggapi hal ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman mengatakan, saat ini ia masih menunggu rekomendasi dari BPCB Jatim terkait kelanjutan penanganan benda diduga cagar budaya di persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

"Kita masih menunggu petunjuk atau rekomendasi dari BPCB nanti seperti apa, yang pasti hal ini akan kami sampaikan kepada walikota Blitar," kata dia. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV