SUARA INDONESIA

PKK Keerom Pamerkan Produk Unggulannya di Pameran Kopi UMKM PON XX Papua

Mustakim Ali - 09 October 2021 | 21:10
Peristiwa Daerah PKK Keerom Pamerkan Produk Unggulannya di Pameran Kopi UMKM PON XX Papua

KEEROM - Tim Penggerak PKK Kabupaten Keerom turut berperan serta dan berpartisipasi dalam ajang ‘Pameran Kopi, PON XX dan UMKM Kota’ di Kota Jayapura, tepatnya di Taman Imbi.

Pada kegiatan pameran yang berlangsung sejak Minggu, 03 Oktober hingga Sabtu, 09 Oktober 2021 ini, stand TP-PKK Kabupaten Keerom menampilkan produk-produk hasil kerajinan dan olahan pertanian/perkebunan UMKM binaan TP-PKK yang merupakan khas atau asli Kabupaten Keerom.

Adapun barang yang dipamerkan berupa hasil kerajinan tangan mama-mama Papua (UMKM) binaan TP-PKK Kabupaten Keerom seperti mahkota burung cenderawasih (imitasi), mahkota Papua, pakaian adat Papua dari kulit kayu, tas noken, dan pernik-pernik khas Papua seperti kalung, gelang dan yang lainnya.

Selain itu, beragam produk olahan hasil pertanian dan perkebunan juga ikut dipamerkan, seperti aneka kripik buah, tepung sagu, tepung tapioca dan black garlic (bawang putih tunggal), balsem serehwangi, dan tidak ketinggalan kopi Waris.

Ketua TP-PKK Keerom, Ny. Angela TH Frank Gusbager melalui penanggungjawab stan pameran, Betty mengemukakan bahwa tujuan keikutsertaan mereka di ajang tersebut guna untuk mempromosikan produk -produk UMKM khas Keerom agar lebih dikenal masyarakat luas di Papua, bahkan Nasional.

‘’Melalui promosi seperti ini hasil kerajinan tangan dan hasil pertanian juga perkebunan di Keerom bisa dikenal orang banyak. Kita harapkan juga melalui momen ini bisa membuka pangsa pasar yang lebih luas bukan hanya di Keerom atau Jayapura saja, tetapi ke seluruh Papua bahkan nusantara, karena pengunjung pameran berasal dari kontingen peserta PON banyak juga yang berkunjung dan berbelanja di stan pameran Keerom,’’ ujarnya.

Bety juga mengemukakan bahwa sejauh ini, respon pengunjung terhadap produk-produk yang ditampilkan di stand PKK Keerom cukup bagus.

 ‘’Ada yang telah mencoba Kopi Waris kataya soal rasa tak kalah dengan kopi dari daerah lain," ungkapnya.

Bety menyampaikan terimakasih kepada Ketua TP-PKK Keerom, Bupati Keerom dan Pemkot Jayapura yang telah mendukung dan mengadakan pameran UMKM, sehingga kerajinan tangan dan hasil olahan perkebunan dan pertanian bisa tampil untuk dikenal banyak orang dalam momentum pelaksanaan PON XX Papua.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV