SUARA INDONESIA

Ketum IPHI Jember Tegaskan, Programnya Tak Hanya Kegiatan Religus

Wildan Mukhlishah Sy - 10 February 2022 | 19:02 - Dibaca 1.25k kali
Peristiwa Daerah Ketum IPHI Jember Tegaskan, Programnya Tak Hanya Kegiatan Religus
Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua IPHI Jember Hendy Siswanto, dalam acara peresmian kantor IPHI Jember. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

JEMBER- Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jember, menyatakan programnya tidak akan terbatas pada hal religius dan jamaah haji saja. Namun juga, membantu pemerintah dalam meberikan sosialisasi dan kegiatan berbau positif lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum IPHI Jember Hendy Siswanto, saat rapat perdana sekaligus peresmian kantor IPHI Jember, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya terdapat tiga tugas pokok yang dimiliki oleh IPHI, di antaranya meberikan bimbingan kepada calon jamaah haji, melakukan kegiatan positif untuk menjaga kemambruran haji melalui tausiah dan kegiatan religius lainya, serta membantu program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kalau kegiatannya hanya berfokus pada menjaga kemabruran haji saja ini kurang menari, harus ada kegiatan real yang dapat membantu mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Guna merealisasikan upaya tersebut, Hendy berencana untuk melakukan kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), yang telah memiliki legalitas dari pemerintah.

“Baznas ini sudah ada legalitasnya dari pemerintah, nanti IPHI akan membantu untuk memperlancar program yang mereka miliki, tujuannya adalah kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Hendy menyebut, kekhawatiran yang terjadi akibat penundaan keberangkatan jamaah haji ke tanah suci selama dua tahun terakhir, yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, juga akan menjadi perhatian utama IPHI Jember. 

“Selama dua tahun ini, jamaah haji tidak bisa berangkat. Nah, kita akan masuk untuk memberikan bimbingan kepada jamaah haji. Agar mereka terus berhusnudzon, bahwa wabah ini akan segera selesai,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris IPHI Jember Achmad Tholaby menngungkapkan hadirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terkait dengan layanan jamah haji melalui wadah IPHI, memang sangat dibutuhkan, terlebih jumlah jamaah haji di Jember, masuk peringkat 5 terbanyak sekala nasional.

“Saya rasa kehadiran pemerintah terkait dengan layanan jamah haji melalui wadah IPHI, memang sangat dibutuhkan,” katanya.

Dirinya berharap, dengan adanya IPHI sebagai wadah bagi jamaah yang telah menjalankan ibadah di tanah suci, dapat memberikan warna dan manfaat di masyarakat Jember.

“Harapannya, semoga para jamaah yang sudah datang dari haji dapat memberikan warna dan manfaat bagi masyarakat Jember,” tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV