SUARA INDONESIA

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Menurut Habib Ustman Baraqbah dari Purworejo

Agus Sulistya - 18 February 2022 | 19:02 - Dibaca 3.53k kali
Peristiwa Daerah Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Menurut Habib Ustman Baraqbah dari Purworejo
Al Habib Ustman bin Ahmad Baraqbah saat mengisi tausiyah dalam acara Haflah Rojabiyah di Pesantren Attin Doplang (foto:agus/suaraindonesia.co.id)

PURWOREJO - Manfaat dan keutamaan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sangat besar. Bacaan sholawat Nabi sendiri bisa dibaca sewaktu-waktu sebagai bukti cinta dan salam penghormatan kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Dalam hadist juga diterangkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Alloh akan bersholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekanya," hadist riwayat Anas bin Malik Rodhiyallahu 'Anhu.

Al Habib Ustman bin Ahmad Baraqbah dari Kutoarjo juga menceritakan, bahwa Nabi Muhammad SAW jika telah memasuki ¼ malam beliau berdiri dan bersabda:
أيها الناس اذكروا الله ، أيها الناس اذكروا الله جاءت الراجفة تتبعها الرادفة جاءت الراجفة تتبعها الرادفة ، جاء الموت بما فيه . فقال أبي بن كعب : فقلت يا رسول الله إني أكثر الصلاة عليك فما أجعل لك من صلاتي ؟ قال : ما شئت قلت : الربع ؟ قال : ما شئت وإن زدت فهو خير . قلت : النصف ؟ قال : ما شئت وإن زدت فهو خير لك . قلت : الثلثين ؟ قال : ما شئت وإن زدت فهو خير . قلت : أجعل لك صلاتي كلها قال : إذا يكفي همك ويغفر ذنبك   

“Wahai manusia, berdzikirlah kepada Allah. Wahai manusia, berdzikirlah kepada Allah. Akan datang tiupan pertama malaikat untuk mematikan, lalu diikuti tiupan kedua untuk menghidupkan, Akan datang tiupan pertama malaikat untuk mematikan, lalu diikuti tiupan kedua untuk menghidupkan, akan datang kematian dengan semua kejadian yang ada di dalamnya. Kemudian Ubay bin Ka’ab berkata, wahai Rasulullah, sungguh saya telah memperbanyak bersholawat kepadamu, lalu seberapa banyak saya jadikan sholawat saya kepadamu di dalam doa saya ?, Nabi menjawab: “Terserah kamu”, Ubay berkata: “seperempat ?”, Nabi menjawab: “Silahkan saja, dan jika kamu tambah maka akan lebih baik”. Ubay berkata: “setengahnya ?”, Nabi menjawab: “Silahkan saja, dan jika kamu tambah maka akan lebih baik bagimu”. Ubay berkata: “Dua pertiga ?”. Nabi menjawab: “Silahkan saja, dan jika kamu tambah maka akan lebih baik”. Ubay berkata: “Akan saya tujukan sholawatku kepadamu pada semua waktu”. Nabi menjawab: “Kalau begitu, maka akan dicukupkan semua keinginanmu, dan dosamu akan diampuni," cerita Habib Ustman dalam acara Haflah Rojabiyah 1443 H di Pondok Pesantren Attin Doplang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (18/02/2022).

Lebih lanjut, Habib Ustman mengatakan, bahwa kalau istiqomah dalam membaca sholawat siang dan malam hari, Allah akan ampuni dosanya dan dicukupi semua kebutuhanya.

"Kalau kepengen semua kebutuhan dan hajatnya terkabul, maka perbanyaklah membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW," kata Habib Ustman.

Dalam berdoa tersebut kita tidak perlu berdoa yang panjang-panjang. Namun berbanyaklah membaca sholawat niscaya itu lebih baik.

"Dengan melanggengkan bacaan sholawat, susah-susah yang selama ini dirasakan pasti akan segera mendapat solusi dari Allah dan sholawat juha bisa jadi solusi dalam suatu permasalahan" jelas Habib Ustman.

Habib Ustman juga menerangkan, barangsiapa membaca sholawat sehabis shalat maghrib dan shalat subuh maka akan dikabulkan 70 hajat akhirat dan 30 hajat dunia.

"Bacalah sholawat dengan diawali "Innallaha wamalaikatahu yushalluna 'alanabi" terus membaca Allahuma shalliwasalim 'ngalaih sebanyak seratus kali setiap habis shalat maghrib dan sehabis shalat subuh maka akan mendapat berkah yang tidak terhingga," pungkas Habib Ustman.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV