SUARA INDONESIA

Kembali Masuk Level 3, Jember Kebut Vaksinasi Lansia Dosis Dua

Wildan Mukhlishah Sy - 03 March 2022 | 16:03 - Dibaca 1.43k kali
Peristiwa Daerah Kembali Masuk Level 3, Jember Kebut Vaksinasi Lansia Dosis Dua
Kegiatan vaksinasi Covid-19 Foto: Wildan/Suaraindonesia.co.id

JEMBER- Kabupaten Jember kembali masuk dalam wilayah Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga, sebagaimana yang tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 13 Tahun 2022.

Bupati Jember Hendy Siswanto memaparkan, dengan kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember terus menggenjot upaya penuntasan target capaian vaksinasi, terutama dosis dua bagi warga lanjut usia (Lansia).

Menurutnya, untuk menyasar para lansia agar mau divaksin, bukan merupakan hal yang mudah.

Pasalnya, banyak masyarakat Jember yang merasa saat ini kondisi telah membaik, sehingga cukup dengan melakukan vaksinasi dosis satu.

"Tantangannya memang sangat luar biasa, mereka sudah merasa landai, tidak ada apa-apa. Jadi menganggap cukup melakukan satu kali vaksin saja," paparnya di Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu (2/3/2022).

Hendy menyebut, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), pemerintah berkolaborasi dengan TNI/Polri untuk tetap menerapkan strategi door to door, guna menggapai sasaran vaksinasi hingga ke wilayah pedalaman.

"Kami bersama TNI/Polri dan Dinkes, tetap menerapkan startegi door to door. Langsung mendatangi ke rumah sasaran vaksinasi," katanya.

Bupati juga meminta agar seluruh Ketua RT/RW, dapat berpartisipasi dalam penuntasan target vaksinasi. Salah satunya dengan membawa warga lansia, untuk ikut kegiatan vaksinasi, pada kegiatan J-Hur.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinkes Jember dr. Lilik Lailiyah mengungkapkan, dosis dua lansia memang menjadi fokus target vaksinasi saat ini.

Dirinya menegaskan, siap melakukan sejumlah upaya untuk mengajak masyarakat, agar mau divaksin.

Diantaranya, bersinergi dengan tokoh agama atau tokoh masyarakat, untuk mengedukasi pentingnya vaksinasi.

"Kami lakukan banyak hal, melalui pendekatan humanis juga. Selain itu menggandeng tokoh masyarakat atau tokoh agama, yang sekiranya akan mereka dengarkan," tandasnya.

Sekedar diinformasikan, untuk mencapai 40 persen vaksinasi dosis dua lansia, Jember masih memerlukan sekitar 6 ribu hingga 7 ribu sasaran.




 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV