SUARA INDONESIA

Dua Bus Adu Banteng di Jalan Purworejo-Jogja Satu Orang MD

Agus Sulistya - 21 April 2022 | 20:04
Peristiwa Daerah Dua Bus Adu Banteng di Jalan Purworejo-Jogja Satu Orang MD

PURWOREJO - Kecelakaan beruntun dengan melibatkan tiga kendaraan besar terjadi di jalan utama Purworejo-Yogyakarta, tepatnya di sebelah utara jembatan Bogowonto ikut Desa Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (21/04/2022).

Tiga kendaraan yang terlibat kecelakaan itu yaitu antara Bus Murni Jaya dengan Nopol A 7790 KL yang di supiri oleh Slamet Heru Subagyo asal Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Purworejo dengan Bus Efisiensi dengan nopol AA 7023 OD yang disupiri oleh Rudi Ruspendi asal Brebes Jawa Tengah dan truk tronton dengan nopol B 9109 TDA yang disupiri oleh Faisal asal Jawa Timur. 

Kedua supir bus yang terlibat kecelakaan terjepit akibat benturan yang mengakibatkan kedua bus bagian depan ringsek, sementara truk tronton mengalami kerusakan pada bagian kaca depan yang pecah setelah menabrak bus.

Evakuasi kedua supir bus berlangsung cukup lama dengan melibatkan Basarnas Yogyakarta dan dibantu tim dari BPBD, PMI, Satpol PP dan Damkar Purworejo serta sejumlah relawan SAR lainya yang datang dilokasi kejadian. 

Satu supir Bus yaitu bus Murni Jaya dikabarkan telah meninggal dunia akibat kecelakaan itu, sedangkan supir bus Efisiensi mengalami luka parah akibat terjepit badan bus bagian depan yang ringsek akibat tabrakan.

Arus lalu lintas dijalan utama itu sempat macet dan tidak bisa dilalui kendaraan hingga dialihkan ke jalur alternatif yaitu melalui jalan Krendetan-Purwodadi-Pendowo. 

Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Maryono, saat ditemui dilokasi kejadian menjelaskan, kecelakaan itu terjadi karena disebabkan kurang kehati-hatian supir saat menyalip kendaraan lain yang ada didepannya.

"Kronologis sementara yang kita ketahui Bus Murni Jaya melaju dari arah timur (Yogyakarta) dan Bus Efisiensi melaju dari arah barat (Purworejo), Bus Murni Jaya hendak menyalip kendaraan lain yang ada didepanya namun karena tidak cukup tempat maka terjadi tabrakan dengan bus Efisiensi," ungkapnya.

Disampaikan, untuk korban dikabarkan satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan itu.  

"Untuk korban sementara MD 1. Untuk bus Murni Jaya tanpa penumpang dan bus Efisiensi ada beberapa penumpang namun semua selamat, hanya terkena pecahan kaca saja," katanya.

Supir truk tronton, Faisal, saat ditemui mengatakan, dirinya melihat kedua bus itu terlibat kecelakaan, namun dirinya yang melaju dibelakang bus tak sempat menghentikan kendaraan hingga ikut menabrak bus yang terjadi kecelakaan didepanya.

"Truk saya juga blong tidak sempat ngerim dan nabrak tapi alhamdulillah selamat tidak apa-apa," katanya.

Asnawi Suroso selaku Kasi Ops Basarnas Yogyakarta, mengatakan, pihaknya mendapat laporan telah terjadi kecelakaan pada Kamis siang sekitar pukul 14.45 wib dan langsung menuju lokasi kejadian bersama sejumlah anggota.

"Dua korban yang kami evakuasi, untuk supir bus Efisiensi dalam kondisi terluka namun selamat, dan untuk supir bus Murni Jaya sudah dalam kondisi tidak bernafas. Kedua sopir kejepit sehingga kami harus mengevakuasi menggunakan alat-alat spesikasi, dan evakuasi dilakukan berlangsung lama hingga sampai 1,5 jam Evakuasi butuh waktu 1,5 jam hingga berhasil menolong supir, lalu dibawa oleh tim medis untuk dibawa ke rumah sakit," jelasnya. (Darto)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya