SUARA INDONESIA

Antisipasi Arus Mudik Lebaran 2022, Daop 7 Madiun Laksanakan Gelar Pasukan

Prabasantosa - 22 April 2022 | 12:04
Peristiwa Daerah Antisipasi Arus Mudik Lebaran 2022, Daop 7 Madiun Laksanakan Gelar Pasukan

MADIUN- Dalam rangka melayani masyarakat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun melaksanakan apel gelar pasukan. Di halaman gedung Operasition Control Center (OCC) Kota Madiun pada, Jumat 22/4/22.

Apel gelar pasukan merupakan tanda dimulainya masa posko angkutan lebaran 2022. Guna melayani masyarakat yang mudik maupun balik mengunakan moda angkutan kereta api.

Mulai hari ini PT KAI telah menetapkan masa angkutan lebaran selama 22 hari (H-10 sampai H+10) 22 April - 13 Mei 2022.

Hadir gelar pasukan diantaranya, Pegawai PT KAI Daop 7, BKO TNI/Polri dan Komunitas Railfans Wilayah Daop 7.Vice President Daop 7 Madiun Hendra Wahyono bertindak sebagai pembina upacara.

Hendra Wahyono, kami siapkan kenyamanan dan keselamatan pelanggan secara maksimal. Untuk itu kita siapkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana berkaitan dengan pelayanan KAI secara keseluruhan.

Guna memastikan keselamatan perjalanan kereta api, Daop 7 Madiun melakukan pengawasan di daerah- daerah rawan. Dengan menyiagakan 5 tenaga daerah rawan ekstra berserta alat penunjang di 13 titik wilayah Daop 7 Madiun.

Tidak hanya itu Daop 7 juga menambahkan penjagaan di perlintasan KA sebidang menjadi 7 orang dan 33 orang petugas pemeriksaan jalur. Dan juga disiapkan tenaga Flaying Gank 24 jam, yang betugas membersihkan rintangan jalan maupun kecelakaan KA.

Di samping itu, Daop 7 Madiun menyiapkan tenaga keamanan Angkutan Lebaran sebanyak 81 tenaga Polsuska yang akan bertugas di atas KA dan di stasiun serta 100 personel satpam yang akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI. 

Untuk mengantisipasi terkait kesehatan penumpang KA, Daop 7 Madiun juga menyiagakan dokter serta paramedic. Ditempatkan di Posko Kesehatan  diantaranya, Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, dan Stasiun Blitar.

Daop 7 Madiun juga menyiapkan sebanyak 8 perjalanan KA Jarak Jauh serta menyiapkan 61.864 tempat duduk dengan rata-rata 2.812 tempat duduk perhari. Sampai dengan saat ini, telah terjual 41.909 atau sekitar 62% dari ketersediaan tempat duduk.

Puncak arus mudik masa angkutan Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada Sabtu 30 April 2022 dengan jumlah penumpang sebanyak 2.519 orang.

Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan akan meningkat pada Kamis 5 Mei 2022 dengan jumlah penumpang sebanyak 5.302 orang.

“Tiket Kereta Api pada masa angkutan Lebaran 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat H-45 melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya,” pungkasnya. (Ery Pramudya)

Pewarta : Prabasantosa
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya