SUARA INDONESIA

Tim Hantu Rimba Berhasil Gagalkan Pencurian Kayu Sonokeling di Bondowoso

Bahrullah - 10 May 2022 | 15:05 - Dibaca 2.74k kali
Peristiwa Daerah Tim Hantu Rimba Berhasil Gagalkan Pencurian Kayu Sonokeling di Bondowoso
Terduga pelaku illegal logging saat diamankan di Polsek Maesan (Foto Istimewa)


BONDOWOSO - Tim Hantu rimba berhasil menggagalkan dugaan tindakan kejahatan pencurian kayu sonokeling saat melakukan patroli di kawasan hutan Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Mereka juga berhasil mengamankan terduga pelaku illegal logging inisial KSM warga Dusun Utara Sawah, Desa Tanah Wulan, Kecamatan Maesan.

selain itu petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa Dua Gelondong kayu jenis Sonokeling volume 0,13 M3 dan sebuah sepeda motor tanpa nomor polisi yang digunakan oleh KSM untuk mengangkut kayu.

Hal itu sebagaimana diutarakan oleh Anton Dedy Hamdi, Komandan Regu Polhutmob sekaligus koordinator Tim Hantu Rimba, pada media, Selasa (10/5/2022).

Lebih lanjut, Anton menerangkan, penangkapan ini adalah yang ketiga kalinya di KPH Bondowoso dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir.

" Saat melakukan patroli gabungan, Suhamo seorang petugas mengetahui ada sepeda motor yg sedang mengangkut kayu gelondong dengan ditutupi kain sarung. Karena mencurigakan, akhirnya tim patroli melakukan pengejaran," jelasnya.

Sesampainya di jalan Sukowono-Maesan sekira pukul 18.30 WIB, terduga pelaku dapat dihadang dan dihentikan oleh petugas.

"Saat ditanyakan oleh petugas, KSM mengakui bahwa kayu sonokeling yang dibawanya memang berasal dari kawasan hutan wilayah RPH Tanahwulan, BKPH Bondowoso," terangnya.

Sulaiman, KRPH Tanahwulan mengatakan, saat ini terduga dan barang bukti sudah diserahkan ke Polsek Maesan untuk proses hukum lebih lanjut.

"Hari ini (Selasa), kami akan melakukan penyisiran dan pemeriksaan untuk mengetahui secara pasti asal kayu dimaksud dalam rangka melengkapi data administrasi yang dibutuhkan oleh penyidik kepolisian Resort Maesan," bebernya.

Enny Handayani, Wakil Administratur Perhutani KPH Bondowoso Selatan memberikan apresiasi pada seluruh petugas, utamanya Polsek Maesan yang ikut membantu dan memberikan dukungan penuh.

"Kami berharap Polsek dapat mengungkap aktor intelektual tindak pidana illegal logging ini, dan semoga tindakan serupa tidak akan pernah terjadi lagi pada masa-masa yang akan datang," harapnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV