SUARA INDONESIA

Warga Krembangan Surabaya Budidaya Maggot Lalat, Bisa Produksi 100 Kilogram Perhari

Lukman Hadi - 23 June 2022 | 10:06
Peristiwa Daerah Warga Krembangan Surabaya Budidaya Maggot Lalat, Bisa Produksi 100 Kilogram Perhari

SURABAYA - Warga Krembangan Surabaya sukses melakukan budidaya maggot lalat. Untuk sementara ini mereka masih bisa memproduksi maggot 100 kilogram perhari.

Ketua Kelompok Tani Krembangan Madani, Johan Tri Cahyono mengatakan, sebenarnya warga bisa saja memproduksi hingga 150-175 kilogram perhari dengan fasilitas yang ada. 

"Bahkan, kalau fasilitas raknya ditambahkan, tentu produksi maggotnya akan semakin banyak," kata Johan, Kamis (23/6/2022).

Ia juga merasa terpacu setelah ditantang oleh wali kota perihal bisa atau tidak maggot lalat budidaya warga Krembangan ini di ekspor ke luar negeri.

Sebelumnya, Wali Kota Eri Cahyadi meminta budidaya maggot lalat di Krembangan ini semakin dikembangkan agar bisa mencapai luar negeri.

"Jadi, tantangan pak wali untuk bisa ekspor ke luar negeri sangat realistis dan mungkin sangat mudah diwujudkan. Apalagi, kalau ada kerjasama dengan wilayah lainnya di Surabaya, tentu target itu akan sangat mudah," ungkapnya.

Sementara Camat Krembangan, Ario Bagus Permadi memastikan untuk terus memperhatikan dan memfasilitasi budidaya maggot di wilayahnya, agar keinginan besar ekspor bisa tercapai.

"Sementara ini kapasitas produksinya memang masih 30 persen, kita akan genjot dulu hingga 100 persen, dan selanjutnya baru berpikir untuk ekspor," terangya.

Ario menambahkan, di tempat ini warga tidak hanya budidaya maggot, tapi juga melakukan ternak ayam, ikan dan sayuran organik.

"Jadi, awalnya aset ini untuk maggot, karena masih ada tempat yang tersisa, akhirnya kita ternak ayam dan ikan serta sayuran organik, sehingga produksi maggot itu semuanya terpakai," pungkasnya.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya