SUARA INDONESIA

Cetak Kader Baru, PAC Ansor Kaligesing Gelar PKD

Widiarto - 03 July 2022 | 16:07 - Dibaca 1.58k kali
Peristiwa Daerah Cetak Kader Baru, PAC Ansor Kaligesing Gelar PKD
Puluhan pemuda ikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang dilaksanakan oleh PAC Ansor Kaligesing

PURWOREJO-Sekitar 53 orang dari 5 Kecamatan yaitu Kaligesing, Grabag, Gebang, Loano dan Bener, mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang diselenggarakan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Kaligesing, di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Kegiatan sebagai bentuk pengkaderan bagi anggota baru Ansor itu dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Sabtu 2 Juli dan Minggu 3 Juli 2022.

Berbagai materi orientasi pengkaderan dan andir diberikan dalam PKD itu, diantaranya tentang Aswaja, ke-NU-an, fasholatan, dalil amaliyah dan keagamaan NU, ke-Ansor-an, keorganisasian dan kepemimpinan, kewirausahaan, IT media dan cyber, administrasi dan pengenalan PO, pengenalan ke-Banser-an, ke-Indonesia-an, FGD dan review materi serta mujahadah dan prosesi pembaiatan peserta.

Plh Ketua PC Ansor Kabupaten Purworejo, Alfin Zidni, S.Pd.I, mengatakan, PKD GP Ansor itu dilaksanakan sebagai bentuk jenjang kaderisasi pertama sekaligus syarat untuk menjadi anggota Gerakan Pemuda Ansor.

"Harapan besar para anggota baru bisa berproses untuk menempa diri, mengaktualisasi informasi dan kapasitas menjadi pengerak- penggerak Ansor untuk menjadi bekal pergerakan Ansor yang lebih baik kedepanya," katanya.

Sekertaris PC GP Ansor Kabupaten Purworejo, Gus Ahil, juga berharap kedepan, anggota Ansor bisa memberikan kemanfaatan baik di internal organisasi maupun masyarakat luas dalam berkhidmah, terlebih di Kaligesing.

"Alhamdulillah, bangga dan bahagia dengan bergabungnya puluhan kader baru Ansor di Kecamatan Kaligesing ini," ucapnya.

Menurutnya, banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan, baik di sektor ekonomi, wisata, sosial hingga budaya oleh para anggota Ansor.

"Kader Ansor juga harus ikut andil, mampu mengisi dan mewarnai sektor-sektor tersebut," ujarnya.

Gerakan kaderisasi, lanjutnya, sangatlah penting bagi setiap organisasi khususnya organisasi Nahdlatul Ulama berikut banom dan lembaga. Dengan PKD selain bisa memahami visi dan misi organisasi disertai AD/ART dan peraturan organisasinya, juga merupakan proses pengkaderan bagi anggota baru atau estafet kepemimpinan selanjutnya.

“Semoga dengan diadakannya PKD ini, kedepannya GP Ansor bisa melahirkan SDM unggulan di berbagai bidang menjadi ulama, pengusaha dan lain sebagainya,” tutupnya.



 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV