SUARA INDONESIA

Memperingati HUT RI, Desa Kedungsoko Tuban Gelar Karnaval Sebagai Sarana Perkokoh Persatuan

Irqam - 21 August 2022 | 18:08 - Dibaca 3.22k kali
Peristiwa Daerah Memperingati HUT RI, Desa Kedungsoko Tuban Gelar Karnaval Sebagai Sarana Perkokoh Persatuan
Para peserta Pawai Karnaval Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban menampilkan pakaian adat budaya nusantara dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, (Foto: Irqam/suaraindonesia.co.id)

TUBAN, SUARA INDONESIA - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Minggu (21/8/2022), menggelar Pawai Karnaval. Kegiatan ini menjadi sarana memperkokoh semangat persatuan.

Pawai Karnaval diselenggarakan secara meriah dengan melibatkan berbagai unsur warga. Setidaknya, dalam karnaval tersebut diikuti sekitar 2000 peserta mulai dari pelajar berbagai lembaga pendidikan hingga masyarakat tingkat rukun tetangga (RT) dan organisasi.

Peserta Pawai Karnaval dengan atribut budaya nusantara berjalan dari lapangan desa setempat kemudian berjalan keliling kampung. Di sepanjang jalan, sejumlah warga sudah berdiri kanan kiri jalan untuk menonton.

Pantuan suaraindonesia.co.id di lokasi, terlihat peserta memakai baju adat Papua dan menampilkan tarian kerukunan khas Papua. Tak hanya itu, peserta dengan berpakaian khas Madura mengarak sebuah patung miniatur Sakera. 

Bahkan Pawai Karnal juga dimeriahkan oleh para pendekar dari SH Terate dengan membawa miniatur bunga teratai raksasa. Tak ketinggalan, sajian apik tarian khas Nusantara juga ditampilkan para peserta. 

Kepala Desa Kedungsoko Rifai mengatakan, Pawai Karnaval diikuti peserta dari lembaga pendidikan paling bawah Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, hingga masyarakat tingkat RT. Mereka menampilkan kreativitasnya masing-masing.

"Kita sudah tiga tahun tidak kegiatan apa-apa, tahun ini semangat-semangatnya sehingga peserta membludak. Ada sekitar 2 ribu peserta," kata Rifai kepada suaraindonesia.co.id, Minggu (21/8/2022).


Rifai menjelaskan, para peserta menampilkan berbagai budaya nusantara ini sebagai momen terbaik untuk memperkokoh persatuan. Selain itu, dengan kegiatan Pawai Karnaval ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Semoga Covid-19 yang sebelumnya melanda negara kita segara hilang. Kehidupan kembali makmur lagi dan tahun selanjutnya lebih maju," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Tuban Sulasih Sulasih Noer Mahfudloh mengapresiasi kegiatan Pawai Karnaval yang digelar oleh Pemdes Kedungsoko. 

"Alhamdulillah antusias masyarakat Desa Kedungsoko ini sangat tinggi. Kegiatan ini sangat baik memperingati hari kemerdekaan," ungkap politisi perempuan dari Partai Demokrat.

Sulasih berharap kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 ini kedepan lebih bagus dan semarak. "Saya sebagai anggota dewan di dapil dua sangat mensupport kegiatan tersebut," pungkasnya.***

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV