SUARA INDONESIA

Pesawat Latih API Mendarat Darurat di Pantai Banyuwangi Diduga Alami Masalah Mesin

Muhammad Nurul Yaqin - 05 September 2022 | 17:09 - Dibaca 916 kali
Peristiwa Daerah Pesawat Latih API Mendarat Darurat di Pantai Banyuwangi Diduga Alami Masalah Mesin
Aparat gabungan mengevakuasi dua calon pilot saat pesawat latih API di bibir Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Senin, 5 September 2022, siang. (Istimewa).

BANYUWANGI - Pesawat latih jenis Cessna C-172S pada Senin, 5 September 2022, siang, mengalami insiden dan terpaksa mendarat darurat tepat di bibir Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengungkapkan alasan pendaratan darurat pesawat latih milik Akademi Penerbangan Indonesia (API) itu, mengalami permasalahan pada mesin.

"Dugaan penyebabnya adalah trouble engine sehingga dilakukan antisipasi landing darurat di Pantai Ngagelan," jelas Deddy.

Mille menjelaskan bahwa pesawat tersebut dikemudikan oleh dua orang siswa atau taruna Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi.

Kedua taruna saat itu tengah melakukan pelatihan simulasi terbang menggunakan pesawat latih yang memiliki registrasi PK-BYC. 

Ditengah perjalanan itu sekitar pukul 11.20 WIB, diduga mesin pesawat mengalami error. Sehingga dilakukan pendaratan darurat. "Jadi mendarat darurat, bukan jatuh," tegas Deddy.

Dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Dua orang awak pesawat berhasil selamat. "Tidak ada korban jiwa. Dua penumpang selamat dan hanya mengalami luka lecet," bebernya.

Aparat dari Polsek Tegaldlimo dan Satpolairud Polresta Banyuwangi telah mendatangi TKP. Mengenai skenario evakuasi pesawat hingga saat ini masih didiskusikan.

"Pilot dan penumpang sudah di evakuasi dan diobati. Mengenai skema evakuasi masih kita diskusikan bersama," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV