SUARA INDONESIA

Potongan Fragmen Arca Ditemukan BPCB Jatim Saat Ekskavasi Situs Mbah Blawu

Gono Dwi Santoso - 22 October 2022 | 21:10 - Dibaca 1.28k kali
Peristiwa Daerah Potongan Fragmen Arca Ditemukan BPCB Jatim Saat Ekskavasi Situs Mbah Blawu
Temuan Fragmen Arca dengan ukuran 23 x 12.5 sentimeter yang di temukan saat ekskavasi oleh BPCB Jatim disitus mbah blawu kini di amankan di galeri budaya mpu sendok Disdikbud Jombang, Jumat (21/10/2022).

 


JOMBANG - Eskakvasi situs Mbah Blawu tahap ke dua  yang ada di desa Sukosari kecamatan Jogoroto kabupaten Jombang ini memasuki hari 12 dari hasil ekskavasi tersebut, struktur dari candi sudah berhasil di tampakan ke permukaan 100 persen oleh BPCB Jatim dan dalam ekskavasi di temukan juga  potongan fragmen arca dengan ukuran 23 x 12.5 sentimeter.

Temuan  potongan fragmen arca  tersebut ,kini di amankan dan dibawah ke dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang di galeri budaya mpu sendok untuk menambah koleksi galeri, Sabtu (22/10/2022).

Ditemui di lokasi ekskavasi Pahadi Arkeolog BPCB Jatim mengatakan ,untuk proses ekskavasi, 100 persen struktur candi telah dibuka. Saat ini kita sedang merapikan bagian tepian saja ini,” terangnya.

Seluruh struktur candi sisi timur, selatan, barat, utara dan tengah, seluruhnya sudah terbuka. Hingga kemarin, tim tak menemukan satupun bentukan trap tangga sebagai pintu masuk candi.

 ”Tidak ada tanda-tanda bangunan tangga masuk. Seluruh struktur pinggir yang menonjol keluar berujung buntu dengan kotak berbentuk huruf T,” terangnya kepada media.

Dengan fakta itu, Pahadi menyebut sangat kuat kemungkinan jika Situs Mbah Blawu adalah sebuah bangunan suci yang didesain tak dinaiki banyak orang laiknya bangunan suci lain.

 ”Kita menduga berdasar data yang ada, kemungkinan besar para umat memang melakukan pemujaan di bawah, sementara yang naik hanya pemuka agamanya, itupun dengan bantuan alat, semisal tangga kayu atau lainnya,” urainya.

Pahadi menjelaskan, untuk temuan fragmen potongan arca, terbuat dari batu andesit dengan ukuran yang cukup kecil, yakni 23 x 12.5 sentimeter.

”Fragmen ini kecil sekali, bentuknya bagian dada dan lengan atas yang terpotong atas bawahnya, kondisinya juga sangat aus,” tambahnya.

Lanjut Pahadi, hingga kini belum diketahui pasti fragmen yang ditemukan itu berbentuk arca apa dan berlatar agama apa.

"Fragmen itu sendiri, kini telah diamankan di  dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang untuk menambah koleksi galeri budaya mpu sendok," paparnya.

Dikonfirmasi terkait temuan tersebut Kabid Kebudayaan Disdikbud Jombang Dian Yunita Sari mengatakan benar memang di temukan fragmen potongan arca dan sudah di amankan di galeri budaya mpu sendok kemarin , terangnya.

Terkait tambahan waktu kemarin sudah koordinasi dengan Arkeolog BPCB Jatim Pahadi untuk ekskavasi lanjutan kita sudah siapkan anggaran untuk membersihkan tepian  kanan kiri candi mbah blawu supaya ekskavasi bener bener selesai, tambahnya.

Disingung terkait masih adanya limbah B3 di sekitar candi Dian mengatakan, harapan kami dari dinas lingkungan hidup.

"Tujuannya, untuk memindahkan limbah B3 di sekitar situs Mbah Blawu dan untuk edukasi dan wisata nanti kita akan koordinasi dengan desa setempat serta dinas porapar Jombang, pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV