SUARA INDONESIA

Antisipasi Banjir, Sungai Kalilo Banyuwangi Dinormalisasi

Muhammad Nurul Yaqin - 18 November 2022 | 15:11 - Dibaca 1.49k kali
Peristiwa Daerah Antisipasi Banjir, Sungai Kalilo Banyuwangi Dinormalisasi
Normalisasi muara Sungai Kalilo, Dinas PU Pengairan Banyuwangi kerahkan alat berat. (Istimewa).

BANYUWANGI - Muara Sungai Kalilo, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, dilakukan normalisasi.

Pengerukan sedimen untuk memperlancar debit air itu, dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Banyuwangi.

Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo, melalui Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, Dedi Kurniawan mengatakan, kegiatan normalisasi sudah berjalan sepekan terakhir.

"Kegiatan pemeliharaan dengan cara pengerukan sedimen di Sungai Kalilo, saat ini sudah selesai," kata Dedi, Jumat (18/11/2022).

Dia menyebut, normalisasi dilakukan setelah ada permintaan dari warga Lingkungan Kampung Ujung di bantaran muara Kalilo.

Mereka menginginkan agar air dari hulu langsung menuju laut, tanpa tertahan tanggul yang dinilai menjadi penyebab banjir di sana.

"Warga kampung ujung meminta di bagian timur Sasak Gantung, Pantai Boom, agar di jebol. Jadi sudah kita lakukan," cetus Dedi.

Dedi melanjutkan, air dari muara Kalilo yang awalnya mengalir ke arah utara saat ini sudah mengarah ke timur.

"Setelah dilakukan normalisasi dengan alat berat yang kita terjunkan, aliran air sudah mengarah ke timur tidak ke utara lagi. Sesuai permintaan warga," imbuhnya.

Menurutnya, upaya itu untuk merespon cepat keluhan warga Kampung Ujung yang meminta adanya normalisasi muara Sungai Kalilo.

"Ini menunjukkan jika kami bekerja untuk masyarakat. Kita semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik untuk mereka," ungkapnya.

Adanya normalisasi itu, Dedi berharap muara Kalilo bisa berfungsi dengan baik. Sehingga dapat menampung debit air dengan sempurna.

"Tentu diharapkan dapat mengurangi dampak banjir dari daerah hulu ke rumah-rumah warga yang ada di bantaran sungai," tukasnya.

Selain itu, Dinas PU Pengairan Banyuwangi juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sepanjang Sungai Kalilo.

"Karena jika tidak, bisa mengakibatkan pendangkalan lagi di muara Kalilo. Ayo sama-sama menjaga lingkungan kita, guna mengantisipasi banjir. Mengingat saat ini dalam keadaan musim penghujan," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV