SUARA INDONESIA

Candi Pundong Akan Diekskavasi Kembali oleh Disdikbud Jombang dan BPK Wilayah XI Jatim

Gono Dwi Santoso - 27 November 2022 | 16:11 - Dibaca 2.11k kali
Peristiwa Daerah Candi Pundong Akan Diekskavasi Kembali oleh Disdikbud Jombang dan BPK Wilayah XI Jatim
Pahadi, Arkeolog BPK Jatim Wilayah XI saat meninjau situs Candi Pundong yang akan di laksanakan ekskavasi, didampingi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Jombang. (Foto: Istimewa)

JOMBANG - Balai Pelestarian Kebudayaan Jatim Wilayah XI dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, berencana akan melakukan ekskavasi di situs candi pundong yang ada di Dusun Watutanggi, Desa Pundong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Perlu diketahui bahwa Candi Pundong ini di temukan warga sekitar pertengahan tahun 2007 dan dilaporkan ke Balai Pelestarian Kebudayaan Jatim serta sudah dilakukan ekskavasi tahap pertama.

Pada saat melakukan ekskavasi tahap pertama, ditemukan bagian tengah candi terdapat sumuran berbentuk persegi. Pada sumuran tersebut pernah ditemukan peripih dari batu andesit.

Di situs candi pundong ini terlihat kotakan sumuran tersusun dari batu bata.

Kondisi candi ini sudah tidak utuh lagi, hanya menyisakan kaki candi berdenah persegi dengan ukuran 495 cm x 495 cm. Dan sebelum ditemukan, candi ini terpendam di dalam tanah.

Dikonfirmasi terkait rencana akan dilaksanakan ekskavasi di situs candi pundong, Pahadi, Arkeolog Balai Pelestarian Kebudayaan Jatim Wilayah XI mengatakan, terkait  ekskavasi struktur candi pundong ini nanti pihaknya masih mengejar potensi struktur selain dari candi utamanya yang sudah nampak.

"Saat ekskavasi nanti kita akan pastikan lapisan tanah pelipit kaki candi sampai dengan tanah asli ketika waktu dibangun dan menampilkan struktur barangkali ditemukan perwara, seperti candi yang sudah kita lakukan ekskavasi di situs pande gong," tambahnya.

Pahadi menambahkan, setelah melakukan penelusuran, sudah ketemu lapisannya. Kemudian dirinya melakukan tespid dengan mempertimbangkan lokasi.

"Rencananya bagian timur dan selatan kalau sudah ketemu kita lakukan ekskavasi. Siapa tahu ada candi apit atau candi pendamping candi kelir, candi wahana," tambahnya.

Pahadi berharap, dalam ekskavasi nanti bisa menampakkan potensi struktur candi utama ini sampai kaki dari candi Pundong.

"Setelah dilakukan ekskavasi, nanti bisa mengatahui dimana barangkali ditemukan adanya candi apit atau candi Perwara wahana di situs candi pundong ini," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah terkait akan di laksanakan ekskavasi di situs candi pundong, Dian Yunita Sari, Kabid Kebudayaan Disdikbud Jombang mengatakan, tahun ini pihaknya melakukan ekskavasi 5 situs.

"Salah satunya candi pundong ini yang akan kita lakukan ekskavasi," terangnya, Minggu (27/11/2022).

Diduga, candi tersebut menyimpan potensi peninggalan era kerajaan Majapahit.

"Ada sebuah tatanan struktur. Tidak menutup kemungkinan jika struktur ini terpendam di bawah tanah. Untuk itu, akan ditampakkan melalui ekskavasi,’’ pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV