SUARA INDONESIA

Diikuti 650 Peserta, DPKP Bondowoso Pecahkan Rekor Muri Ulek Sambel Bawang Putih Nusantara

Bahrullah - 03 December 2022 | 09:12 - Dibaca 1.34k kali
Peristiwa Daerah Diikuti 650 Peserta, DPKP Bondowoso Pecahkan Rekor Muri Ulek Sambel Bawang Putih Nusantara
Rekor Muri Ulek Sambal Bawang Putih Nusantara di kantor DPKP Bondowoso yang mewakili Jawa Timur. (Foto: BAHRULLAH/Suaraindonesia))

BONDOWOSO - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bondowoso memecahkan rekor muri mengulek sambal bawang putih Nusantara.

Kurang lebih 650 orang peserta yang ikut dalam event pecahkan rekor muri mengulek sambal bawang putih ini. Awalnya 

Awalnya DPKP merencanakan peserta 500 orang, namun pada kenyataanya bertambah menjadi 650 orang peserta.

Pemecahan rekor Muri ini untuk menguatkan produktivitas bawang putih sebagai ikon bahwa Indonesia merupakan sentra produksi bawang putih.

Kabupaten Bondowoso ambil bagian dalam pemecahan Rekor Muri Ulek Sambal Bawang Putih Nusantara yang dilakukan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Rekor Muri Ulek Sambal Bawang Putih Nusantara itu digelar serentak pada Jumat, 2 Desember 2022 siang mulai pukul 13.00 WIB.

Kegiatan dilaksanakan melalui zoom bersama daerah lain di Indonesia dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso.

Hal itu sebagaimana diterangkan Denny Indra Pratama, Kepala Bidang Ketersediaan dan Diversifikasi Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bondowoso kepada media, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut, Denny Indra Pratama mengatakan, sangat bangga ditunjuk menjadi salah satu bagian dalam pemecahan rekor ini.

"Dalam pemecahan rekor muri ulek sambel bawang putih nusantara ini melibatkan sekitar 7.461 orang lebih dari seluruh Indonesia. Sedangkan Bondowoso merencanakan peserta mencapai 500 orang namun pada kenyataanya hadir 650 orang ,yang terdiri dari PPL, pegawai kantor DPKP dan kelompok tani bawang di Bondowoso,"jelasnya.

Dia menjelaskan, selain kegiatan ulek sambel bawang putih nusantara, juga memecahkan rekor muri berbagai kegiatan, termasuk pameran hasil hortikultura .

Bondowoso terpilih mewakili Jawa Timur dalam kegiatan Jambore Hortikultura 2022 karena dilihat dari produktivitas bawang putih yang tinggi. 

Katanya, Kegiatan ini diikuti 14 Kabupaten seluruh Indonesia.

Ada 43 titik di seluruh Indonesia dengan total peserta mencapai 7.461 orang, dimana di Jawa Timur hanya diwakili 3 daerah saja.

"Bondowoso termasuk sebagai penyangga benih bawang putih nasional selain Kabupaten Malang dan Mojokerto di Jawa Timur," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV