SUARA INDONESIA

Petugas Cek Kebenaran Kemunculan Macan Tutul Lereng Gunung Raung

Muhammad Nurul Yaqin - 05 December 2022 | 14:12 - Dibaca 1.38k kali
Peristiwa Daerah Petugas Cek Kebenaran Kemunculan Macan Tutul Lereng Gunung Raung
Kapolsek Songgon AKP Eko Darmawan bersama TNI, Kepala Desa dan warga yang melihat macan tutul secara langsung saat melakukan pengecekan di lapangan, Senin (5/12/2022). (Istimewa).

BANYUWANGI - Publik dihebohkan dengan kemunculan macan tutul di ladang warga Dusun Kampunganyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Warga mengaku sering menjumpai macan tutul di ladang mereka yang berada di kawasan lereng Gunung Raung ini. 

Menindaklanjuti informasi dari warga, Polsek Songgon bersama Koramil, Kepala Desa, serta warga setempat melakukan pengecekan langsung.

Petugas melakukan pengecekan di titik dimana warga melihat secara langsung kemunculan macan tutul lereng Gunung Raung itu.

Kapolsek Songgon, AKP Eko Darmawan menyebut, setelah dilakukan tindak lanjut ternyata informasi kemunculan macan tutul ini benar adanya.

"Warga yang menjumpai secara langsung macan tutul ini bernama Pak Edi, saat itu beliau sedang melakukan aktivitas di kebun," kata Eko, Senin (5/12/2022).

Eko mengatakan, terakhir kali warga melihat secara dekat kemunculan macan tutul pada Minggu (4/12/2022) kemarin.

Kapolsek Songgon bersama warga yang melihat secara langsung menunjukkan titik kemunculan macan tutul ini.

"Pak Edi menjumpai macan tutul di balik semak-semak, saat Pak Edi melakukan aktivitas membersihkan selokan air untuk kebutuhan berkebun," terangnya.

Warga, kata dia, melihat posisi macan tutul tersebut tepat di bawah pohon beringin. "Pada saat selokan macet sama Pak Edi dibenahi, tahu-tahu di situ muncul macan tutul," bebernya.

"Jadi, supaya tidak simpang siur, disinilah lokasi awal beberapa masyarakat menjumpai macan tutul," tambah Eko saat melihat warga menunjukkan titik kemunculan hewan buas tersebut.

Meski demikian, Eko mengimbau kepada masyarakat agar jangan sampai resah, tetap waspada, tetap menjalankan aktivitas berkebun dan jangan melakukan perburuan liar.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi, agar dilakukan tindak lanjut. "Jadi sama-sama ditindaklanjuti di lapangan," pungkasnya.

Seperti diberitakan, warga di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, dibuat heboh dengan keberadaan macan tutul lereng Gunung Raung.

Warga setempat bahkan mengaku sering menjumpai macan tutul di ladang mereka. Terbaru, macan tutul ini muncul pada Minggu (4/12/2022) pagi.

Sontak warga setempat pun panik dan melaporkan turunnya macan tutul di ladang warga yang berada di lereng Gunung Raung ini. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV